INFLASI KALTIM AWAL TAHUN 2017 SEJALAN TARGET INFLASI NASIONAL

173
Ilustrasi / inforexnews.com

Kaltim, Berkattv – Inflasi indeks harga konsumen (ihk) provinsi kalimantan timur (kaltim) bulan januari 2017 tercatat sebesar 1,04% (mtm), tidak mengalami perubahan dari bulan lalu. secara umum, inflasi kaltim januari 2017 masih sejalan dengan pola historikalnya. capaian inflasi kaltim pada awal tahun ini juga masih sama dengan kondisi periode sebelumnya yakni lebih tinggi dari inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,97% (mtm) pada bulan januari 2017.

Berdasarkan kota pembentuknya, kota samarinda mengalami inflasi sebesar 1,02% (mtm) atau secara tahunan sebesar 3,35% (yoy). sementara itu, kota balikpapan mengalami inflasi sebesar 1,08% (mtm) atau secara tahunan sebesar 5,48% (yoy). secara umum, penyebab utama inflasi pada kedua kota tersebut adalah kenaikan tarif listrik dan pulsa ponsel dan kenaikan biaya perpanjangan stnk. selain itu, kenaikan harga cabai rawit dan komoditas makanan seperti daging ayam ras juga menjadi salah satu penyebab tekanan inflasi di kedua kota tersebut.

Inlfasi Kaltim

Dilihat dari komponen pembentuknya, kelompok administered price (komoditas yang harganya ditetapkan pemerintah) mengalami inflasi sebesar 1,84% (mtm) atau 8,21% (yoy), diikuti oleh kelompok volatile foods sebesar 1,10% (mtm) atau 3,10% (yoy), dan terakhir kelompok core yang mengalami inflasi sebesar 0,75% (mtm) atau 3,35% (yoy).

Inflasi administered price sebesar 1,84% (mtm) lebih disebabkan oleh kenaikan tarif listrik dan biaya perpanjangan stnk pada awal tahun 2017, termasuk ekspektasi kenaikan harga bensin akibat meningkatnya harga minyak dunia. sedangkan kenaikan harga cabai rawit dan daging ayam ras masih mendominasi dari sisi kelompok volatile food yang mengalami kenaikan sejak akhir tahun 2016. selanjutnya, inflasi inti didominasi oleh kenaikan tarif pulsa ponsel dan kontrak rumah. di sisi lain, penurunan harga tiket angkutan udara dan komoditas bahan makanan seperti bawang merah mampu menahan laju inflasi bulan januari 2017.

Inflasi Kaltim21

Secara umum, inflasi pada awal tahun 2017 relatif terkendali dan sesuai dengan target inflasi nasional, yaitu 4%±1% (yoy). pencapaian ini merupakan hasil koordinasi kebijakan pemerintah daerah bersama tpid serta bank indonesia dalam upaya pengendalian inflasi yang berfokus pada upaya menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, peningkatan kualitas infrastruktur dan sarana logistik serta menjaga ekspektasi inflasi. pencapaian inflasi awal tahun 2017 lebih disebabkan oleh faktor kenaikan administered price.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here