Dusun Kecukuh, Melawi Penghasil Mandau Berkualitas Di Kalbar

969
Mandau Senjata Khas Milik Suku Dayak / budaya-indonesia.org

Melawi, Berkattv – Mandau tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kalimantan barat. Senjata tradisional masyarakat suku dayak tersebut sampai kini masih ada dan terus dilestarikan. Sampai saat ini Dusun Kecukuh, Kabupaten Melawi  menjadi daerah penghasil Mandau yang berkualitas.

Kabupaten Melawi termasuk salah satu daerah  produsen Mandau berkualitas di Kalimantan Barat, dimana senjata tradisional ini diproduksi  warga Dusun Kecukuh,  Desa Sungai Raya, Kecamatan Pinoh Utara dan menjadi andalan untuk meningkatkan  ekonomi warga setempat.

Mandau ini di produksi hampir di setiap rumah. Kerajinan pembuatan mandau ini dilakukan secara turun temurun dan merupakan warisan leluhur masyarakat dayak di Kalimantan khusunya di Kalbar.

Mandau olahan di Dusun ini sangat khas sebagai Mandau asli milik suku dayak  di Melawi, contohnya pada bagian sarung mandau yang  terdapat ukiran motif khas suku dayak yang tidak terdapat di mandau daerah lainnya. Bahkan untuk gagang mandau,  khusus dibuat dari bahan tanduk rusa dan sarungnya juga dari kayu belian yang telah diukir dengan motif khas dayak. Dalam membuat mandau yang berkualitas diperlukan  waktu agak lama sekitar 1 bulan untuk menyelesaikan 1 buah mandau.

Menurut Sanusi, warga Dusun Kecukuh yang menjadi pengrajin Mandau, Harga mandau yang ditawarkan oleh pengrajin di Dusun ini bervariasi tergantung bagaimana proses pembuatannya. “Untuk maharnya saya lepas tiga sampai 6 juta persatu buah mandaunya. Harga segitu masih rendah jika dibanding dengan cara pembuatannya yang khas. Pemesan datang dari berbagai daerah, rata-rata mereka pesan untuk koleksi saja karena punya saya dianggap sangat khas, bahkan ada kolektor yang datang  dari luar negeri, guna melihat mandau buatan tangannya”, ungkap Sanusi

Meski kemampuan membuat mandau dianggap cukup potensial, namun selama ini diakui pengrajin mandau di Dusun Kecukuh, Melawi  terkendala pada modal untuk melengkapi peralatan kerjanya. Hampir semua alat yang digunakan untuk membuat mandau  sangat sederhana sekali, misalkan untuk memanaskan besi saja masih menggunakan sistem meniup bara api melalui celah pipa yang  didesain sangat sederhana. (Andre Wuri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here