Minta ADD dan DD Cepat Menyerap

200
RAPAT KERJA TEKNIS PENYelenggaraan ANGGARAN PEMERINTAHAN DESA 2017 Kabupaten Sekadau

Sekadau,  Berkattv – Rapat kerja pemberdayaan masyarakat desa se-Kecamatan Sekadau Hilir bertempat di Gedung Ketak-Ketik, Senin (6/2). Rapat yang dihadiri sejumlah kepala , sekdes,  dan staf dari masing masing Desa tesebut merupakan rapat terakhir dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau,

Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten Sekadau Drs. Bayu Dwi Suharsono ME,dalam sambutannya menyampaikan, Inventarisir persoalan di desa jadi dasar penyusunan RKPDes dengan demikian aparatur desa kedepan supaya bekerja dan menyampaikan laporan secara detail dan teransparan, karena menyangkut penggunaan keuangan anggaran yang cukup besar untuk masing masing Desa.

“Tujuan dari rapat ini tak lain adalalah untuk pemenuhan persayaratan pencairan keuangan APBDES baik anggaran yang tersisia 2016 maupun dana 2017 ini.

Ia menambahkan,  menyangkut pembangunan infrastruktur yang ada  di desa diharapkan jangan sampai tumpang tindih, karena itu koordinasi dan komunikasi dengan fihak-fihak terkait jangan terputus. Keikutsertaan kejaksaan dalam setiap rapat merupakan terobosan baru, supaya kepala desa tau batasan kegiatan yang tidak menyalahi hukum.

“Dengan harapan pengunaan dana desa lebih cepat menyerap di masyarakat, selain itu kerena dana desa ada kaitan dengan pengawasan kejaksaan dan kepolisian, kita tidak ingin ada kepala desa yang berurusan dengan pihak berwajib menyangkut pengunaan dana desa ini,” Tegas Bayu.

Dikatakan Bayu adapun katagori Desa di Kabupaten Sekadau sejauh ini belum ada yang masuk desa maju “Untuk desa Sungai Ringin dan Mungguk masih dalam katagori Desa berkembang, untuk itu sedikit di prioritaskan berdasarkan  ajuan kesepakatan antara BPD dan desa masing-masing itu berdasarkan kebutuhannya,” Jelasnya.

 

Sementara kabid Administrasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Apeng petrus, dalam paparannya di hadapan peserta rapat menyampaikan agar aparatur desa terbuka dalam mempelajari aturan pemerintahan desa, laporan administrasi yang cepat dan terakomodir tentu mempermudah segala proses administrasi.

“Aturan mengenai penggunaan, dan pengelolaan dana desa sudah ada, untuk itu Kepala Desa, dan perangkatnya agar supaya di patuhi,” Singkat Apeng. (Joy)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here