Mortir Ditemukan Warga Saat Penggalian Pasir

128
Ilustrasi Bahan Peledak / Foto : solopos.com

Bengkayang, BerkatTV – Bahan peledak berupa mortir, granat dan peluru ditemukan oleh warga Bengkayang, Kalimantan Barat beberapa hari lalu, tepatnya saat warga melakukan penggalian pasir di daerah tersebut.

Jumadi, warga yang menemukan bahan peledak mengatakan bahwa barang-barang berbahaya yang telah ditemukannya telah diserahkan ke Polsek Ledo. “Dalam hal ini saya tidak mau ambil resiko, dan saya pun telah berkoordinasi dengan Polsek Ledo untuk menyerahkan bahan peledak tersebut agar dimusnahkan,” ungkapnya.

Bahan peledak yang ditemukan Jumadi terdiri dari 10 buah mortir, granat dan peluru. Awalnya barang temuan itu disimpan oleh Jumadi, namun ada rasa kekhawatiran, karena barang temuan itu dianggap berbahaya. “Karena berbahaya tadi, makanya barang temuan itu saya serahkan ke Polsek Ledo,” ungkapnya.

Lokasi ditemukannya bahan peledak berbahaya itu pun bervariasi , terakhir barang itu diemukan pada akhir Maret tahun 2017. “Jumlah penemuannya pun cukup banyak dan atas dasar inisiatif sendiri diserahkan kepada Polsek Ledo,” ungkapnya.

Dihubungi BerkatTV via Hand Phone, Kapolsek Ledo, Ipda Rio Charles Hutahaean membenarkan bahwa ada sejumlah bahan peledak diserahkan warga beberapa hari lalu. Demi menjaga keamanan bahan peledak telah disimpan oleh Polsek Ledo untuk dimusnahkan. “ Barang temuan itu diserahkan oleh warga Bengkayang, bernama Jumadi pada hari rabu, tanggal 10 Mei 2017 lalu.

Bahan peledak itu ditemukan di lokasi penggalian pasir milik Jumadi . “Adapun rincian bahan peledak yang diserahkan warga antara lain dua buah mortir Coke 152, tiga buah mortir stas 8 / 4, dua buah granat frakmentasi PW 2 – 22 dan tiga buah peluru call 12, 7 MM,” ungkapnya.

Saat ini, Polsek Ledo pun telah berkoordinasi dan menyerahkan bahan peledak tersebut kepada Tim Penjinak Bom Brigade Mobil (Jibom) Brimob Polda Kalbar ,Iptu Rubianto dengan dihadiri Oleh Kabag Ops Kompol Paino dan Kasat Reskrim AKP, Novrial Alberty Kombo , unit Wasendak Polres Bengkayang serta Berberapa warga Kecamatan Ledo.

Bahan peledak itu pun sudah diledakan oleh Jibom Brimob Polda Kalbar di areal perusahaan milik PT. Strada Multi Perkasa di wilayah Kecamatan Seluas.   (weni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here