Sejak Tahun 70an, Lengkong Nyadom Masih Kurang Perhatian

142
Beginilah kondisi jalan menuju Desa Lengkong Nyadom yang hingga saat ini masih belum mendapat perhatian dari pemerintah

Melawi, BerkatTV. Desa Lengkong Nyadom Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi merupakan salah satu desa yang berdiri sejak tahun 70 an. Sejak tahun itu pula masyarakat jalan tersebut hingga kini tidak ada sentuhan perhatian dari Pemerintah Melawi. Warga setempat harus berjibaku dalam kubangan lumpur di jalan sepanjang 9 kilometer menuju simpang Ella Hilir. Mirisnya, pemandangan tersebut sudah terjadi hampir setengah abad, sejak 1970.

Hal itu disampaikan Kepala Dusun Lengkong Nyadom, Anton. Ia mengatakan, ada sekitar 9 kilometer jalan dari simpang Ella Hilir menuju ke Desa Lengkong Nyadom yang sangat diinginkan masyarakat untuk perbaikan.

“Namun sepertinya harapan kami hanya sekedar berharap. Sudah sangat sering kami menyampaikan permintan dan pengusulan untuk perbaikan jalan dari Simpang Ella Hilir ke Desa Lengkong Nyadom ini. Karena kami sudah lelang melalui jalan hancur ini,” katanya ditemui di Desanya, belum lama ini.

Anton mengatakan, Desa Lengkong Nyadom ini salah satu desa yang sangat minim perhatian pemerintah Kabupaten. Selama ini warga di desa tersebut hanya mendapatkan bantuan dari perusahaan untuk menggusur jalan, namun masih terkesan asal-asalan, sebab masih saja hancur hancuran gusurannya.

“Tidak pernah ada perbaikan jalan dari Pemkab Melawi. Jadi yang namanya minta ke pemerintah itu masyarakat sudah bosan. Yang gusur selama ini dari perusahaan, tapi tetap saja hancur-hancuran. Sejak berdiri desa ini sangat minim sentuhan perhatian dari pemerintah. Dulu yang membuka jalan ini ABRI Masuk Desa,” ucapnya.

Saat Pemilu, lanjut Anton, yang namanya pemberi harapan untuk perbaikan jalan tetap saja terdengar, untuk mencari simpati. Namun kenyataannya tidak juga diperbaiki. “Kami pada dasarnya siapapun yang menang pemilu tetap kami dukung. Tapi tolong, jalan kami ditingkatkan,” pintanya.

Anton mengatakan, akses dari simpang Ella Hilir ke Desa Lengkong Nyadom tersebut tidak hanya digunakan oleh warga desa itu saja. Namun banyak masyarakat desa lain yang melaluinya, bahkan dari kecamatan Menukung serta dari Kabupaten Sintang. Jadi banyak yang mendapat manfaat jika jalan ini dibangun. Terlebih jalan ini memang urat nadi yang sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat.

“Yang lewat jalan ini, selain warga Lengkong Nyadom, juga dilalui warga Desa Mentoba Jaya, Natai Compa, Pelaik Keruap Kecamatan Menukung, bahkan beberapa desa dari Kabupaten Sintang yang merasa jalan ini jalan alternatif terdekat untuk ke Nanga Pinoh. Jadi untuk itulah kami meminta Pemkab perbaiki jalan ini,” pungkasnya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here