Hotspot Masih Terdeteksi di Kayong Utara dan Ketapang

66
Ilustrasi

Sukadana, BerkatTV. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketapang, Nur Alim mengungkapkan, berdasarkan pantauan sensor NOAA – 19, Sabtu (29/7), terdapat titik api di Ketapang dan Kayong Utara.

“Untuk saat ini kita temukan 2 titik api di dua kabupaten, yaitu di Kabupaten Ketapang tepatnya di Kecamatan Simpang Hulu, Desa Semandang Kanan, sedangkan satunya lagi di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara,” jelas Nur Alim.

Menurut dia, kemungkinan hotspot di Kalbar semakin bertambah. Terutama untuk daerah yang rawan kebakaran, seperti Ketapang dan Sanggau. Terlebih saat ini memasuki musim kemarau.

“Sejak 20 Juli 2017 ini kita sudah memasuki musim kemarau dan diprediksi sampai dengan akhir Oktober mendatang beberapa kabupaten seperti Sanggau, Ketapang, Kayong Utara dan Kubu Raya.” timpal Nur Alim.

Dikatakan Nur Alim, untuk di Ketapang sendiri, titik rawan terjadinya Karhutla berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Manis Mata dan Kendawangan.

“Dua kecamatan itu berpotensi terjadinya Karhutla. Karena vegetasi gambut dan sudah mengalami kekeringan. Ditambah lagi makin hari makin tinggi indek mudah terjadinya Karhutla,” paparnya.

Sementara untuk di Kayong Utara sendiri, BMKG masih melakukan pengamatan dari citra satelit, yang sampai saat ini masih menunjukkan kerawanan di beberapa titik di Kecamatan Simpang Hilir dan Kecamatan Sukadana. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here