Pemkab Bengkayang Lakukan Rekrutmen Guru Kontrak Daerah

246
Ilustrasi

Bengkayang, BerkatTV. Pemerintah Kabupaten Bengkayang, mengambil langkah strategis menyikapi kekurangan tenaga pengajar di daerah tersebut dan satu di antaranya adalah dengan melakukan rekrutmen guru kontrak daerah.

“Rekrutmen guru kontrak karena kita kekurangan guru. Kekurangan itu disebabkan banyak yang akan memasuki pensiun dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Yan saat dihubungi di Bengkayang, Senin (11/9).

Yan menyebutkan adapun total guru kontrak yang akan diterima sebanyak 300 guru. Guru tersebut akan ditempatkan di tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP.

“Penempatan yang tersebut karena itu yang dibutuhkan di mana di Kabupaten Bengkayang masih banyak memerlukan tenaga pengajar dari PAUD, TK, SD hingga SMP,” kata dia.

Menurutnya dalam rekrutmen tersebut terlebih dahulu akan dilakukan tes di antaranya kompetensi, pedagogik profesional, kepribadian dan sosial.

“Khusus untuk tes kompetensi masing masing dilakukan berjenjang antara guru Paud, TK, SD dan SMP. Kelulusan tes yang ada ditentukan dengan sistem perankingan dengan penilaian tertinggi,” paparnya.

Ada beberapa tahapan seleksi melalui tes tertulis dan wawancara. Untuk tes wawancara akan dilaksanakan pada 14-15 September 2017 dan hasilnya akan diumumkan pada 25 September 2017 mendatang.

“Saat ini peminat yang ada terdaftar sebabnya 968 orang. Setelah dilakukan tes tentunya pasti ada yang gagal, nah kami mengimbau bagi peserta yang belum berhasil jangan khawatir mudah mudahan pada tahun mendatang kita dapat terima guru kontrak dan dapat mengakomodasi yang gagal tahun 2017 menjadi tenaga guru kontrak yang akan datang,” harapnya. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here