Banjir Rendam 3 Desa di Segedong

166
Salahsatu sekolah di Kecamatan Segedong yang terendam banjir (Foto : Fisa)

Mempawah, BerkatTV. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah mencatat ada 8 kecamatan dan di daerah ini yang rawan terendam banjir. Kedelapan kecamatan itu yakni Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Pinyuh, Segedong, Anjongan, Toho, Sadaniang dan Sungai Kunyit. Dari 8 kecamatan itu, potensi banjir ada di 30 desa.

Hal ini disampakan Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Mempawah, Ir. HM. Asfahani Arsyad, MM, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/9). Menyangkut ancaman banjir itu, ia mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan ke daerah yang rawan banjir tersebut. Ia juga masih menunggu laporan-laporan dari pihak desa menyangkut rumah-rumah yang terkena banjir.

“Memang ada daerah yang sudah terendam banjir satu diantaranya di Kecamatan Segedong. Tetapi ketinggian air masih belum sampai masuk ke rumah-rumah penduduk, baru sebatas di halaman dan teras saja. Jadi sampai sekarang masih belum ada warga yang mengungsi. Bahkan informasi yang saya dapatkan pagi tadi (kemarin, red), air sudah mulai surut,” ungkapnya.

Kepala Desa Peniti Dalam II, Fauzani, ketika dikonfirmasi mengatakan kondisi banjir saat ini masih bertahan. Diungkapkannya banjir terjadi di daerah Sri Medan Dusun Tunas Baru diakibatkan hujan deras yang terjadi pada Minggu (7/9), serta ditambah lagi adanya air pasang sehingga membuat Sungai Segedong meluap.

“Wilayah yang banjir merupakan kawasan paling rendah di antara dusun lainnya. Jadi disana memang sudah jadi langganan banjir,” seraya mengatakan hasil dari pendataan yang telah dilakukan sebanyak 67 rumah yang di Sri Medan yang terendam dengan kedalaman bervariasi. (fsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here