BPOM Ingatkan Pedagang Makanan

0
51
Para pedagang di Pasar Tradisional Sebukit Rama Mempawah mengikuti penyuluhan yang dilakukan BPOM Pontianak. FOTO Fisa

Mempawah, BerkatTV. Puluhan pedagang makanan dan minuman mendapat penyuluhan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pontianak, di Pasar Tradisional Percontohan Sebukit Rama Mempawah, Rabu (20/9).

Kepala BPOM Pontianak, Corry Pandjaitan, menjelaskan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak penggunaan bahan berbahaya ke dalam makanan.

“Diharapkan, para pedagang tidak ada lagi yang menggunakan zat berbahaya seperti formalin, boraks dan rhodamin B ke dalam produk makanan dan minuman yang dijual kepada masyarakat. Karena selain bukan merupakan peruntukkannya, zat itu juga berbahaya jika dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya.

Corry pastikan, pihaknya akan terus melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual di Pasar Tradisional Sebukit Rama sejak tahun 2014 lalu. Hasilnya pada 2015, BPOM tidak memukan zat berbahaya tersebut. Hanya saja pada pemeriksaan yang kita lakukan pada tahun 2016, kembali ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya.

“Dan pada pemeriksaan yang kita lakukan pada 2017, kita kembali menemukan produk makanan yang mengandung zat berbahaya. Artinya masih ada masyarakat yang tidak komitmen. Kadang menurut dan kadang tidak. Padahal kita sudah sering memberikan informasi tentang larangan menggunakan zat berbahaya itu,” ujarnya.

Ia mengimbau gunakan zat-zat yang lebih aman seperti pengawet menggunakan asam benzoate dan asam sorbat. Untuk penggaring kerupuk bisa menggunakan sodium tripolyphosphate (STTP). Sedangkan perwarna makanan menggunakan pewarna alami seperti daun suji, daun pandan atau pewarna kimia yang diizinkan seperti tartrazin dan biru berlian. (fsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here