Mempawah Antisipasi Peredaran PCC

121
Petugas BNN dan Polres Mempawah tengah mengecek obat-obatan yang ada di salah satu apotek di Pasar Mempawah. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatTV. Mengantisipasi peredaran pil PCC, Polres Mempawah, BNN Kabupaten Mempawah serta Dinas Kesehatan melakukan razia ke toko-toko obat dan apotek, Rabu (21/9).

Selama pemeriksaan, petugas kepolisian bertugas memberikan penjagaan, sedangkan BNN dan Dinas Kesehatan melakukan pengecekan terhadap obat-obatan yang dijual di toko obat maupun apotek dengan ketat.

“Sementara ini kami tidak menemukan pil PCC. Mereka para pengusaha maupun penjaga toko obat dan apotek juga menegaskan kepada kami bahwa tidak menjual obat-obatan seperti itu,” ungkap Upik Murhandayani petugas BNN Kabupaten Mempawah.

Disebutkan Upik, meski pil PCC bukan termasuk narkoba, tetapi jika disalah gunakan tentu akan berbahaya. Obat jenis itu juga sudah ditarik peredarannya sejak 2013 silam. Bahkan dokter tidak pernah lagi meresepkan obat tersebut untuk pasien.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Mempawah, AKP Arifin Harahap, mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan peredaran pil PCC di wilayah Kota Mempawah dan Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Tetapi jika suatu waktu kami menemukan obat jenis itu, maka kami akan mengambil langkah penyitaan dan pengamanan. Pemilik akan kita ambil keterangan,” tegasnya.

Arifin berpesan masyarakat untuk tidak menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang edar seperti PCC. Jika itu termasuk obat-obatan yang termasuk dalam kategori obat keras, minta resep dokter. (fsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here