Enam Masalah Ini Diintruksikan Norsan. Apa Saja kah Itu

130
Bupati Ria Norsan menyerahkan dokumen penyelesaian tapal batas wilayah kecamatan dengan kabupaten tetangga kepada sejumlah camat di Aula Kantor Bupati. (Foto: Fisa)

Mempawah, BerkatTV. Enam pokok persoalan yang saat ini sedang membuming diingatkan oleh Bupati Mempawah, Ria Norsan dihadapan 9 camat, 60 kades, 7 lurah, dan 23 Ketua Badan Permusyawaratan Desa se-Kabupaten Mempawah.

Pertama, terkait pengelolaan keuangan desa. “Kades berhati-hati mengelola dana desa. Berpedoman pada ketentuan yang berlaku. Ini penting. Saat ini 215 kades di Indonesia diproses secara hukum karena terlibat penyalahgunaan keuangan desa,” katanya.

Kedua, Norsan meminta peran aktif seluruh SKPD teknis hingga tingkat kepala desa segera menyelesaikan batas wilayah baik tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Gunanya menghindari timbulnya konflik sosial di masyarakat, khususnya di wilayah yang berbatasan.

Ketiga, terkait penggunaan Informasi dan Teknologi. “Hindari penggunaan media informasi untuk menyampaikan hal-hal bersifat provokatif yang justru mengarah terjadinya pertentangan, konflik, serta perpecahan di kalangan masyarakat,” ia mengingatkan.

Keempat, Norsan intruksikan agar semua pihak menangkal munculnya isu radikalisme, komunisme, dan sejenisnya kini tengah marak di berbagai daerah. “Apabila terjadi, segera laporkan kepada pihak-pihak yang berwajib serta hindari terjadinya upaya main hakim sendiri oleh masyarakat,” pesannya.

Kelima, terkait fenomena penyalahgunaan narkoba atau obat PCC. “Ini juga harus diwaspadai. Saya minta aparatur pemerintah memantau perkembangan dan perubahan perilaku anak-anak di lingkungannya yang memang sangat rentan terhadap bahaya narkoba,” pungkasnya.(fsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here