Pemdes Tebas Sungai Bentuk Satgas Perlindungan Anak

157

Sambas, BerkatTV. Pemerintah Desa Tebas Sungai, Sambas membentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak dari tindak kekerasan dan perdagangan orang.

“Yang jelas apa yang kita lakukan sebagai wujud dan upaya meminimalisir agar perempuan dan anak tidak menjadi korban perdagangan manusia dan korban kekerasan,” ujar Kepala Desa Tebas Sungai, Asbi saat dihubungi di Sambas, Jumat (6/10).

Asbi menjelaskan dalam Satgas tersebut meliputi sejumlah unsur di desa seperti tokoh masyarakat, ketua RT serta unsur yang lainnya.

“Satgas ini mempunyai tugas melakukan kegiatan sosialisasi dan yang terkait dengan perlindungan perempuan dan anak di desa dan melakukan pencegahan dan penanganan korban perdagangan orang dan kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa,” kata dia.

Selain itu, turut pula melakukan koordinasi lintas sektor, dalam penanganan kasus korban perdagangan orang dan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ia menambahkan bahwa Satgas tersebut juga mempunyai tugas memberikan pelayanan dan pengaduan pendampingan korban untuk proses hukum dan pendampingan pelayanan medis serta pemberdayaan terhadap korban perdagangan orang dan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Satgas akan menguatkan sistem jejaring, dalam upaya pencegahan dan penanganan korban perdagangan orang dan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak,” papar dia.

Ia berharap dengan upaya yang sudah ada kasus kekerasan dan perdagangan terhadap perempuan dan anak bisa ditekan dan masyarakat lebih paham lagi tentang pentingnya perlindungan.

“Wadah sudah kita siapkan. Upaya sudah ada tinggal perlu dukungan semua pihal agar apa yang kita inginkan tercapai dengan maksimal,” jelas dia. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here