Bupati Sambas Turun Langsung Razia PETI

0
65
Ilustrasi

Sambas, BerkatTV. Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili yang didampingi Kadis Perkim LH, M Ibrahim K dan Pelaksana tugas Kadis Polisi Pamong Praja turun langsung melakukan razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Subah, Sambas.

“Kita bersama rombongan telah melakukan razia di titik lokasi PETI tepatnya di Dusun Karangan Desa Madak, Kecamatan Subah. Saya dan tim dikawal juga dari Satuan TNI Koramil Sambas dan Polres Sambas. Hasil razia, ditemukan belasan mesin peralatan penambangan emas tradisional. Dua di antaranya mesin dengan teknik penambangan di sungai, 11 mesin berada di kolam,” ujar Atbah, Sabtu (7/10).

Atbah menjelaskan dalam razia tersebut selain berhasil mengamankan peralatan untuk menambang juga menjaring pelaku penambang, dua orang laki-laki dan satu orang perempuan paruh baya.

“Pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Mesin-mesin yang ditemukan langsung dirusak dan dibakar. Tidak hanya itu, pondok-pondok tempat pelaku PETI tinggal juga dirusak dan sebagian dibakar,” papar dia.

Atbah mengingatkan pelaku PETI di Kabupaten Sambas untuk tidak melakukan kegiatan yang ilegal apalagi merusak lingkungan.

“Insya Allah kita akan giatkan terus razia dan pembinaan yang berkelanjutan,” jelas dia.

Sementara itu, Yandi satu di antara penambang ilegal yang berhasil diamankan mengatakan bahwa pekerja PETI di lokasi tersebut merupakan warga luar Kabupaten Sambas. Katanya dia hanya sebagai pekerja saja. Sedangkan pembiayaan PETI didanai oleh bos-bos yang juga orang luar Kab Sambas.

“Saya asalnya dari Jirak Samalantan. Kami dibayar sekitar Rp30 ribu – Rp70 ribu per hari,” paparnya.

Dari hasil pantauan tim di lapangan, pekerja PETI ada yang turut memboyong keluarga kecilnya. Tampak beberapa baju milik balita, popok bayi, menjadi temuan tim. Fakta lapangan ketika razia tersebut adalah, rata-rata pelaku PETI membekali diri dengan senapan lantak. Senapan tersebut langsung diamankan pihak kepolisian, termasuk beberapa barang temuan bagian mesin penambang dan motor pelaku PETI. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here