Kasus DBD di Serdam Melonjak. Ini Penyebabnya

130
Petugas Puskesmas Korpri saat lakukan Kesling di RT 04 RW 03 Komplek Tanjungpura Permai sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatTV. Sepanjang bulan Januari – Oktober, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Sui Raya Dalam meningkat drastis.

“Jumlahnya sampai saat ini ada 30 kasus. Itu jumlah yang dilaporkan oleh masyarakat,” kata Arif Sanitarian Puskesmas Korpri, Minggu (22/10).

Jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2016 lalu, hanya tiga kasus. Namun tiba-tiba langsung melonjak drastis di tahun 2017 ini.

Menurut Agus ada beberapa hal penyebab melonjaknya kasus DBD di Desa Sui Raya Dalam.

“Seperti kurangnya masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, minimnya untuk membasmi sarang jentik nyamuk, serta perubahan iklim cuaca,” tuturnya.

Karena itu pemerintah kata dia telah berupaya menurunkan angka DBD dengan melakukan satu rumah satu jumantik. Masyarakat digandeng untuk membasmi jentik nyamuk di lingkungan sekitarnya.

“Peran serta masyarakat sangat penting untuk membasmi jentik nyamuk untuk memiliki rasa peduli terhadap lingkungannya sendiri,” ucapnya.

Hal itu tidak hanya sekadar melakukan 3M Plus namun juga diiringi dengan komitmen bersama yang dibangun oleh masyarakat setempat.

Kesehatan Lingkungan (Kesling) sebagai salah satu upaya pembasmian sarang jentik nyamuk dilakukan Puskesmas Korpri salah satunya yakni di lingkungan RT 04 RW 03 Komplek Tanjungpura Permai.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here