Peran Jurnalis Penting Informasikan Stunting

0
32
Pemateri menjelaskan pembuatan berita berkaitan dengan isu kesehatan kepada wartawan dalam Workshop Jurnalis bertemakan Kampanye Gizi Nasional.

Pontianak, BerkatTV. Pemahaman masyarakat tentang stunting hingga saat ini masih dirasakan awam. Jurnalis salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam menginformasikan tentang stunting, bagian dari isu kesehatan.

Stunting atau yang dikenal dengan pertumbuhan yang tidak sesuai dengan ukuran standar antara tinggi badan dan usia ini harus dipahami banyak pihak, mengingat hingga saat ini istilah stunting masih asing terdengar sejumlah pihak.

“Kita ingin memberikan informasi kesehatan, terutama stunting yang sekarang menjadi isu nasional. Ini bisa menarik jika jurnalis mampu menggali persoalan – persoalan didalamnya, mulai dari kebijakan hingga tataran terbawah,” kata Muhlis Suhairi.

Muhlis didaulat menjadi pemateri tentang Peliputan Berita didampingi Mursalin Pimpinan PonTV pada Workshop Jurnalis yang mengusung tema Kampanyekan Gizi Nasional, Kamis (26/10)

Ditambahkannya, banyak aspirasi dan harapan masyarakat akan akses informasi kesehatan yang valid dan komprehensif, seperti kasus stunting.

“Media harus bersuara tentang persoalan serius ini karena masalah gizi ini sudah menjadi momok menakutkan yang dampak negatifnya yakni stunting,” ucapnya.

Ketua Jurnalis Perempuan Khatulistiwa, Kusmalina, mengungkapkan, fasilitas kesehatan dasar masyarakat harus mendapat porsi pemberitaan karena sangat dibutuhkan khalayak ramai, terutama persoalan stunting.

“Jurnalis memiliki peran sentra di sini, informasi yang belum terjangkau publik bisa dijangkau jurnalis dalam bentuk tulisan di media massa,” jelasnya.

Menurutnya publik berhak mengetahui informasi kesehatan, apalagi jika informasi itu bisa membantu beberapa kalangan, terutama para calon ibu dan para ibu yang memiliki balita.

“Jurnalis garda terdepan perubahan. Saya yakin dengan penyebar luasan informasi tentang stunting, akan semakin banyak masyarakat yang terbantu,” pungkasnya.(wti)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here