Usulkan Enam Ribu Unit Bedah Rumah

0
30

Kubu Raya, BerkatTV. Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kubu Raya telah mengusulkan sebanyak 6 ribu unit bedah rumah di tahun 2018 ke Kementerian PUPR.

Bedah rumah yang disebut dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini dikhususkan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“6 ribu unit kita usulkan di tahun 2018 untuk disebar ke sembilan kecamatan. Mudah-mudahan usulan itu disetujui,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kubu Raya, Nendar Soeheri.

Banyaknya jumlah rumah yang diusulkan disebutkan Nendar karena masih banyak masyarakat Kubu Raya yang membutuhkan seperti yang disampaikan ke dinas. Semuanya tentu lah melalui verifikasi di lapangan.

“Setiap rumah dikucurkan bantuan senilai Rp15 juta. Mekanismenya pemerintah pusat ditransfer ke bank yang ditunjuk. Dari bank ke toko bangunan,” ucapnya.

Sehingga, masyarakat bukan menerima uang tunai akan tetapi dalam bentuk bahan material sesuai kebutuhannya. “Artinya kita hanya memfasilitasi saja. Dana yang dikucurkan tidak ada dipotong sesen pun,” tegasnya.

Pola pengerjaannya sambung Nendar diserahkan sepenuhnya kepada penerima bantuan setelah mendapatkan bahan material.

“Namun kita berharap hendaknya dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat. Dengan begitu ada rasa kepedulian sosial dan kebersamaan di lingkungan tersebut,” harapnya.

Hingga di tahun 2017, tercatat sebanyak 3.759 rumah MBR telah mendapat bantuan BSPS yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Sebelumnya sebanyak 358 orang menerima Dana Bantuan Sosial Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR RI yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kubu Raya.

Total anggaran digelontorkan untuk tahun ini sekitar Rp6,6 miliar lebih. Sasarannya adalah masyarakat yang kurang mampu.

BSPS tersebut terdiri dua katagori yakni untuk pembangunan rumah baru dengan alokasi dana Rp30 juta per KK dan perbaikan rumah alias bedah rumah Rp15 juta per KK.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here