Robo-robo Ajang Pemersatu

165
Raja Kubu, Sy. Zulfi Bin Ismail Al-Idrus bersama calon bupati Kubu Raya Werry Syahrial bertemu dengan masyarakat di festival robo-robo. Foto; Wahyu

Kubu Raya, BerkatTV. Raja Kubu, Sy. Zulfi Bin Ismail Al-Idrus menilai robo robo sebagai ajang pemersatu masyarakat. Sehingga bisa menjadi aset budaya yang bisa dijual ke dunia luar.

“Meskipun aset lokal tapi dapat dipromosikan hingga ke luar yang dapat membawa nama Kubu Raya ke tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Sy Zulfi sebutkan pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kegiatan seni dan budaya seperti permainan atau olahraga tradisional sebagai wujud melestarikan sejarah.

“Harapannya Kubu bisa lebih dikenal sebagai pusat budaya Kubu Raya,” ujarnya.

Camat Kubu, Rustam Effendi berharap kedepan dapat lebih ditingkat baik dari kegiatannya maupun kualitas. Pelaksanaannya dapat membawa perubahan bagaimana pola berpikir, bertindak dan bersikap.

Rustam menilai robo – robo bagian seni budaya yang telah lama hilang dan dimunculkan lagi. Menurutnya ini sangat baik mumpung orang-orang tua masih ada dan hidup.

“Apalagi tahun ini acaranya di tenda tidak lagi di atas panggung. Ini menunjukan kebersamaan di masyarakat,” tuturnya.

Robo-robo Kecamatan Kubu tahun 2017 ini, memiliki keunikan tersendiri. Lantaran lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Agendanya, dilaksanakan selama sebulan penuh dari tanggal 15 November sampai 15 Desember 2017. Dengan sejumlah rangkaian, mengangkat seni dan budaya masyarakat, melalui lomba dan festival serta perlombaan sampan di areal sungai depan Keraton Kubu.

Rangkaiannya lainnya, dari sisi ekonomi puluhan stand jualan masyarakat turut meramaikan acara robo-robo.(why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here