Tiga Perusahaan Lakukan Aktivitas Tambang Ilegal

149
Kabid Perizinan Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Sintang, Warnidah

Sintang, BerkatTV. Tiga perusahaan dikabarkan melakukan aktivitas tambang bahan galian C ilegal di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Ketiganya yakni PT Tripa Abadi, PT Cipta Cibinong dan PT Damai Cipta Mandiri.

Kabid Perizinan Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Sintang, Warnidah menyatakan ketiganya tidak miliki ijin resmi.

Camat Ketungau Hulu Asmidi mengaku belum tahu kasus itu.

“Memang saya belum tahu tempatnya, tapi besok atau lusa kami bersama instansi terkait lainnya akan meninjau ke lokasi,” ucapnya.

Sementara Badan Lingkungan Hidup Sintang akan menghentikan aktivitas ketiga perusahaan itu.

“Kami segera surati perusahaan untuk menghentikannya karena ini sudah merusak lingkungan dengan mengeruk bahan material dalam sungai,” katanya.

Meskipun kewenangan izin tambang di pemerintah provinsi, namun izin operasional wajib diketahui pemerintah kabupaten, seperti Izin Tanda Daftar Perusahaan, SIUP, UUG dan lainnya.

Terungkapnya kejahatan pertambangan ini, ketika pihak DPMTSP bersama Komisi A DPRD Sintang melakukan kunker di Kecamatan Ketungau Hulu.

Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni mengatakan informasi yang diterimanya, ketiga perusahaan itu telah beroperasi sejak 2014.

Seharusnya, kata Syahroni, aktivitas galian C di Ketungau Hulu itu berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah Sintang. (sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here