Pembangunan Rumah Sakit Kubu Raya Masih Tanda Tanya

0
31
Lahan yang direncanakan untuk pembangunan rumah sakit di Kecamatan Rasau Jaya. Foto: dok

Kubu Raya, BerkatTV. Hingga di penghujung tahun 2017, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah yang pernah diwacanakan tahun ini tampaknya belum menunjukan tanda-tanda bakal dimulai.

Padahal, siteplan nya telah dipresentasikan diawal tahun. Bahkan, lahannya sudah disiapkan seluas enam (6) hektar di Kecamatan Rasau Jaya, pinjam pakai dengan pemerintah provinsi.

“Ini menjadi pertanyaan kita, koq sampai saat ini pembangunannya belum ada tanda-tanda,” tanya anggota Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yanto ditemui, Kamis (23/11).

Padahal disebutkan Yanto, pada saat rapat anggaran dengan Dinas Kesehatan, alokasi anggaran yang disiapkan sebesar Rp37 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk rumah sakit type D Pratama.

Menurut politisi PKS dapil Rasau Jaya – Teluk Pakedai ini, kehadiran rumah sakit daerah itu sangat diharapkan oleh masyarakat di lima kecamatan.

“Karena kalau ini terbangun maka dapat membantu meringankan masyarakat di lima kecamatan untuk berobat seperti masyarakat di Kecamatan Rasau Jaya, Teluk Pakedai, Kubu, Batu Ampar dan Terentang,” ucapnya.

Masyarakat tidak lagi terlalu jauh dirujuk hingga ke rumah sakit soedarso di Pontianak. Karena akan dapat mengurangi biaya atau cost. Sebab Rasau Jaya merupakan kecamatan yang terletak di wilayah pertengahan.

“Jadi, biayanya tinggi karena masyarakat sudah dibebani dengan biaya transport ditambah lagi mereka harus melalui perjalanan yang jauh baik jalur air maupun darat,” tuturnya.

Seperti diketahui, wacana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kubu Raya telah digulirkan sejak empat tahun lalu, namun hingga kini belum menunjukan tanda-tanda realisasinya.
Padahal, pembangunannya sudah masuk dalam skema perencanaan RPJMD Kubu Raya.

Rencananya, target pembangunan selesai dalam kurun waktu tiga tahun dengan anggaran multiyears. Pembangunannya jelas melibatkan lintas sektoral.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here