Rp39 Miliar Anggaran RSUD Kubu Raya di Tahun 2018

0
38
Lahan yang direncanakan untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama Kubu Raya type D di Kecamatan Rasay Jaya. Foto: dok

Kubu Raya, BerkatTV. Pemkab Kubu Raya memastikan pembangunan rumah sakit daerah akan terealisasi di tahun 2018 mendatang.

“Alhamdulillaah setelah penantian dan perjuangan serta doa dari masyarakat Kubu Raya, insyaallah tahun 2018 akan dimulai pembangunannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani, Jumat (24/11).

Kepastian itu disebutkan Berli setelah adanya audiensi Bupati Kubu Raya Rusman Ali dengan pihak Kementerian Kesehatan RI yang waktu itu diterima oleh segenap jajaran Direktorat Jendral (Ditjen) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes RI.

“Kalau proposal sudah kami sampaikan ke Kemenkes RI sejak tahun 2014. Sesuai arahan bapak bupati setiap tahun sampai dengan tahun 2017 dikirimkan terus,” jelasnya.

Alhamdullilah sambung Berli akhirnya disetujui. Bahkan, alokasi anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama Kubu Raya Type D telah masuk dalam Rancangan APBD Kubu Raya Tahun Anggaran 2018.

“Insyaallah akan segera diketok palu nilainya Rp39 miliar bersumber dari DAK,” imbuhnya.

Harapannya tambah Berli keberadaan Rumah Sakit Pratama Kubu Raya ini akan dapat melayani kebutuhan kesehatan masyarakat Kubu Raya terutama bagi lima kecamatan.

Seperti diketahui, wacana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kubu Raya telah digulirkan sejak empat tahun lalu, namun hingga kini belum menunjukan tanda-tanda realisasinya.
Padahal, pembangunannya sudah masuk dalam skema perencanaan RPJMD Kubu Raya.

Bahkan, studi kelayakan sudah dilakukan. Lahan yang dipersiapkan seluas 6,5 hektar terletak persis tepi jalan raya di Kecamatan Rasau Jaya.

Rencananya, target pembangunan selesai dalam kurun waktu tiga tahun dengan anggaran multiyears. Pembangunannya jelas melibatkan lintas sektoral.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here