Setelah Empat Perda Disahkan, Dewan Ingatkan Segera Disosialisasikan

0
49
Wakil Bupati disaksikan Wakil Ketua DPRD menanda tangani raperda yang telah disahkan. Foto; Robby

Kubu Raya, BerkatTV. Empat Rancangan Perda disahkan sekaligus oleh eksekutif dan legislatif dalam sidang paripurna pada Rabu (29/11) siang.

Keempat raperda itu terdiri dari dua usulan eksekutif yaitu tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah dan tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan 2012 – 2025.

Kemudian dua raperda lainnya inisiatif DPRD yaitu tentang Pedoman Pembangunan Desa dan tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus berharap empat raperda tersebut menjadi dasar hukum pemerintah daerah untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Memang aturan diatasnya sudah ada namun dengan empat perda ini memperkuat kita melaksanakan program pembangunan,” jelasnya.

Hermanus mencontohkan Raperda tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah yang dinilai penting.

“Memang selama ini sudah berjalan, baik secara bottom up, top up maupun politis melalui lembaga DPRD. Namun Perda ini sebagai pedoman daerah untuk memperkuat aturan diatasnya yang sudah ada,” terangnya.

Sama halnya dengan tentang Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan 2012 – 2025 disebutkan Hermanus untuk mendorong kemajuan pembangunan pariwisata Kubu Raya.

“Sehingga menjadi nilai tambah bagi Kubu Raya untuk mendapatkan perhatian pemerintah pusat dalam rangka pengembangan pariwisata Kubu Raya,” ucapnya.

Begitu pula dengan Raperda tentang Pedoman Pembangunan Desa dan tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Menurut Hermanus dapat semakin menambah regulasi daerah.

“Seperti Raperda tentang Pedoman Pembangunan Desa, ini sangat baik untuk mendukung program Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun dari daerah pinggiran,” tuturnya.

Sementara Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Hermanus menilai sebagai landasan meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Zakaria SP berharap setelah disahkannya empat raperda ini maka pemerintah daerah mesti maksimal mengimplementasikanya ke masyarakat.

“Jadi kita sangat berharap tidak hanya disahkan saja raperda ini. Tapi yang lebih ditekankan adalah bagaimana diimplementasikan dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Karena itu Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengingatkan pemda hendaknya gencar menyosialisasikannya.

“Karena tidak semua masyarakat tahu empat perda ini disahkan, maka harus gencar disosialisasikan agar dapat diketahui seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here