Terungkap dari Jual Beli di Medsos, Siswa SMP Serahkan Kukang

0
22
Satwa kukang dapat diselamatkan berkat diberi pemahaman. Foto: Joni

Pontianak, BerkatTV. Berawal sebuah postingan pada salah satu grup di media sosial tentang jual beli satwa kukang (26/11) lalu.

Melihat postingan tersebut, kata Sadtata Noor, Kepala Balai KSDA Kalbar, Hardi berniat untuk memberikan pemahaman kepada pemilik, bahwa satwa kukang merupakan salah satu satwa yang dilindungi undang-undang dan menyarankan untuk diserahkan ke BKSDA.

“Mengetahui hal tersebut Herwansyah si pemilik salah satu siswa SMP di Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, setuju menyerahkannya,” ujarnya Selasa (28/11).

Selanjutnya Hardi menginformasikannya kepada Tim Gugus Tugas TSL Balai KSDA Kalbar, yang diteruskan kepada Tim Gugus Tugas SKW III Singkawang.

Tidak menunggu lama, tim langsung menuju TKP di Dusun Kayar Hilir, Desa Teluk Kaseh, Kecamatan Teluk Keramat untuk melakukan penyelamatan terhadap satwa Kukang tersebut.

Satwa tersebut kemudian dibawa ke Kantor Seksi Konservasi Wil. III untuk dilakukan karantina sementara di kandang transit milik SKW II, dimana direncanakan satwa kukang tersebut akan di lepasliarkan ke habitat aslinya.

“Satwa tersebut masih mempunyai sifat liar dan kondisinya cukup sehat sehingga memungkinkan untuk langsung dilepasliarkan,” paparnya.

Ia apresiasi kepada Hardi dan Herwansyah, dengan turut serta dalam upaya konservasi terhadap tumbuhan dan satwa yang dilindungi undang-undang.

“Harapan ke depan banyak anak muda yang peduli terhadap kelestarian satwa. Dengan membiarkan satwa hidup di habita alamnya, bukan untuk dipelihara,” pungkasnya. (jon)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here