Berita Hoax Mulai Menyerang Calon Perserorangan di Kubu Raya

0
94
Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar

Tak mungkin warga bisa tahu, kalau nama atau identitasnya masuk di berkas dukungan paslon perseorangan. Sedangkan saat ini masih tahap pemeriksaan berkas belum verifikasi faktual”

 

Kubu Raya, BerkatTV. Pasca Rusman Ali menyatakan tidak maju mencalonkan diri sebagai bupati di pilkada 2018, berita hoax pun dilancarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang ditujukan kepada pasangan calon jalur perseorangan.

Beredar informasi warga mendatangi KPU Kubu Raya, Senin (4/12) untuk komplain bukti dukungan KTP ganda yang diajukan sebagai syarat oleh pasangan calon perseorangan.

Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar mengaku terkejut mendapatkan berita hoax tersebut. “Saya terkejut dengar informasi ini. Dari pagi saya di kantor ini tidak ada warga datang komplain bukti dukungan KTP pasangan calon perseorangan. Tidak benar berita itu,” tegasnya.

Gustiar mengaku heran bagaimana bisa masyarakat langsung tahu kalau KTP nya ganda digunakan paslon perseorangan. Sementara saat ini saja KPU baru memasuki tahap pemeriksaan berkas, belum sampai memasuki tahap verifikasi faktual.

“Tak mungkin warga bisa tahu, kalau nama atau identitasnya masuk di berkas dukungan paslon perseorangan. Sedangkan saat ini masih tahap pemeriksaan berkas belum verifikasi faktual,” jelasnya.

KPU telah menetapkan syarat minimal bukti dukungan KTP yang mesti dipenuhi calon perseorangan yakni 34.974 KTP yang tersebar minimal di lima kecamatan.

Tahapannya antara lain mulai paslon perseorangan menyerahkan bukti dukungannya. Kemudian dilakukan penelitian oleh KPU terhadap minimal jumlah dan sebaran setelah dilakukan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda.

Tahapan kemudian dilanjutkan dengan perbaikan oleh si paslon. Setelah itu dilakukan lagi penelitian berkas. Selanjutnya dilakukan verifikasi faktual ke lapangan.

Setelah semuanya selesai baru bisa dinyatakan apakah paslon tersebut lolos atau tidak. Tahapan ini dilakukan hingga bulan Januari 2018.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here