Saat Ditertibkan Ratusan PETI Nurut Kata Gubernur. Bagaimana Caranya ?

0
15
Cornelis berdialog dengan masyarakat penambang emas tanpa ijin di Kecamatan Mandor. Foto: Nia

Landak, BerkatTV. Gubernur Kalbar, Cornelis, turun langsung menertibkan aktivitas Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak.

Cornelis didampingi Inspektur Tambang dan Kabid Minerba Provinsi Kalbar serta aparat kepolisian dan TNI menemui ratusan pekerja PETI.

Ia dengan tegas meminta para pekerja PETI menghentikan aktivitasnya. “Hari itu saya sudah datang dan melarang, biarpun tanah siapa tidak boleh ditambang tanpa izin. Pertambangan untuk itu saya mohon agar masyarakat semua tidak melakukan aktivitas penambangan lagi disini, silakan bawa pulang peralatannya,” tegas mantan Bupati Landak itu.

Sejurus kemudian masyarakat mengumpulkan peralatan mulai dari mesin penyedot air dan peralatan tambang tradisional untuk dibawa pulang.

Dijelaskan Cornelis, selama ini pemerintah dianggap tidak tegas menindak pelaku PETI. Kalau pemerintah mau represif bisa saja, namun dengan imbauan begini masyarakat mengikuti.

“Nanti kalau tersangkut perkara hukum, ditahan kan Bupati dan Gubernurnya yang dimintai tolong penangguhan penahanannya,” ujarnya.

Ia meminta masyarakat menghargai. Apalagi selama ini sudah banyak korban yang meninggal seperti di Goaboma Bengkayang, disitu pemerintah dan aparat keamanan dianggap tidak tegas dan disalahkan.

“Nah, sekarang pemerintah tegas namun dengan pendekatan persuasif,” tegas Cornelis.

Ia minta masyarakat membubarkan diri dengan tertib dan membawa serta peralatan tambang karena lokasi tersebut ditimbun menggunakan alat berat eksavator, supaya tidak ada lagi aktivitas. Satu persatu masyarakat pamit tertib dan menyalami Gubernur.

Pekerja pun meminta maaf kepada Gubernur Kalbar karena tidak mengindahkan imbauan Gubernur beberapa waktu lalu.(nia)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here