Kapolda Resmikan Perpustakaan Apung

0
11
Kapolda Kalbar resmikan perpustakaan apung diatas kapal di Pelabuhan Senghie. Foto: Joni

Pontianak, BerkatTV. Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Didi Haryono didampingi Direktur Polisi Air Polda Kalbar Kombes Pol Alex Fauzi Razad serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalbar, Ignasius, Selasa (5/12) Melounching perpustakaan apung di pelabuhan Senghi Pontianak.

Lounching perpustakaan apung menggunakan kapal ini, di HUT ke-67 Polairud untuk menambah wawasan dan minat membaca masyarakat pinggiran sungai.

“Perpustakaan apung ini merupakan partisipasi Polri khususnya Ditpolair untuk mesyarakat perairan yang sulit menjangkau ketersediaan perpustakaan umum, yang cukup jauh dari tempat tinggl mereka,” kata Kapolda.

Kapolda mengungkapkan, koleksi buku pada perpustakaan apung ini juga harus ditambah terutama buku tentang kemaritiman, geofisika, meteorologi, astronomi dan sebagainya, karena perpustakaan apung ini berada dan berkaitan dengan air.

“Perpustakaan apung ini beroprasional dengan cara mengunjungi dan mendatangi tempat atau dermaga yang ada diwilayah perairan,” paparnya.

Dengan keberadaan perpustakaan apung ini kata dia, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih memcintai buku, sehingga buku dapat dijadikan salah satu kebutuhan pokok dalam upaya meningkatkan kecerdasan bangsa.

“Mudah-mudahan ini dapat berkelanjutan dan berkembang menumbuhkan minat baca masyarakat. Kedepannya akan ada penambahan dua unit perpustakaan apung, sehingga ada tiga perpustakaan apung yang dioperasionalkan oleh Ditpolair. ” pungkasnya. (jon)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here