Kehebatan 138 Prajurit Infanteri Ikuti Latihan Tempur Akhirnya Terima Baret

0
12
Danrindam XII/TPR Kolonel Infanteri Khairul Anwar Mandailing menyematkan Brivet dan Baret kepada 138 mantan siswa. Foto: Joni

Singkawang, BerkatTV. 138 mantan siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri selesai mengikuti latihan Yudha Wastu Pramuka di Pantai Pak Lotay Singkawang, Senin (4/12).

Prajurit Infanteri Kodam XII Tanjungpura ini telah mengiktui latihan tempur tingkat tinggi selama 24 hari penuh sejak 11 November hingga 4 Desember 2017.

Latihan dibagi empat tahap yaitu tahap basis, hutan gunung, long march sejauh 175 km dan tahap rawa laut. Prajurit dituntut memiliki kemampuan untuk bergerak di setiap medan pertempuran baik di hutan, gunung, rawa laut sungai dan pantai.

“Kemampuan ini tidak dimiliki oleh prajurit diluar kecabangan Infanteri. Yudha Wastu Pramuka, mengandung arti sebagai pelaksana pertempuran terdepan dan menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran,” kata Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Khairul Anwar.

Lanjut dia, di era jaman sekarang kemajuan teknologi militer sangat menentukan dalam perang konvensional, apabila terjadi perebutan dan penguasaan wilayah yang dikuasai musuh meskipun musuh sudah dilumpuhkan oleh persenjataan modern jaman sekarang.

“Pada akhirnya prajurit infanterilah yang akan langsung menguasai dan merebut wilayah musuh itu langsung secara fisik. Oleh karena itu, fisik sebagai prajurit infanteri harus tetap di bina agar selalu siap ditugaskan di medan manapun,” paparnya.

Latihan Yudha Wastu Pramuka akhirnya ditutup. Tradisi pembaretan menjadi agenda yang ditunggu termasuk ke-138 prajurit infanteri.
Baret Infanteri adalah lambang kehormatan bagi prajurit Infanteri, yang merupakan Queen of the Battle.

“Bagi Prajurit Infanteri yang pernah berlatih di Rindam XII/Tanjungpura, harus menjadi prajurit yang militan, memiliki sikap mental yang ulet, gigih dan tidak mengenal menyerah melaksanakan tugas dimanapun,” kata Khairul Anwar.(jon)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here