Waspada, Awan Cumulonimbus Timbulkan Angin Kencang 25 Knot

0
17
Petugas BPBD saat membersihkan pohon yang tumbang di tengah Jalan Adi Sucipto. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatTV. Senin (4/12) sekitar pukul 11.40 wib, angin kencang tiba-tiba menerpa wilayah Kubu Raya dan sekitarnya. Tak ayal pohon di beberapa titik pun tumbang seperti di sekitar Jalan Adi Sucipto dan Desa Kapur.

Rilis yang disampaikan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), angin kencang yang terjadi berkekuatan lebih besar yakni 25 knot.

Bahkan terjadi sejumlah wilayah Kalbar seperti Kabupaten Kayong utara, Kabupaten Kubu raya, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang dan sekitarnya.

Angin kencang ini disertai dengan hujan intensitas ringan hingga lebat. Menurut Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Sutikno, fenomena ini karena adanya awan cumulonimbus yang bergerak dari Laut di sebelah barat Kalbar menuju wilayah Kalbar.

“Kondisi cuaca memang cukup kuat, suhu udara cukup kuat beberapa hari terakhir dan kurangnya hujan beberapa hari terakhir menyebabkan proses labilitas udara cukup kuat di pesisir barat Kalbar, sehingga menyebabkan fenomena angin kencang dan hujan ringan hingga lebat,” katanya.

Ia mengatakan pergerakan awan ini diperkirakan akan bisa meluas ke wilayah Kalbar lainnya seperti Kabupaten Landak, Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi hingga Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kondisi seperti ini diperkirakan masih bisa terjadi untuk dua hari ke depan,” terangnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kubu Raya Mochtar mengatakan ada dua titik pohon tumbang ke jalan raya. Satu di Adi Sucipto dan kedua di Desa Kapur. Sementara bangunan di kawasan Desa Parit Baru hanya bagian atapnya.

“Memang, ada pohon tumbang dua titik serta bangunan hanya rusak ringan bagian atasnya. Kita sudah melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap pohon-pohon tumbang agar tidak mengganggu lalu lintas,” jelasnya.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here