Inovasi Perkebunan Mendongkrak PAD

0
21
Ketua Komisi II DPRD Kubu Raya, Teguh Wibowo

Kubu Raya, BerkatTV. Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan dan Peternakan, merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang dikukuhkan awal tahun 2017.

Meskipun baru dikukuhkan namun sejatinya instansi ini bak ganti baju baru, hasil perubahan numenklatur struktur OPD dari pemerintah pusat.

Dinas ini memiliki nilai strategis peningkatan sumber daya pembangunan di Kubu Raya. Salah satunya bidang perkebunan, berpotensi mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih Kubu Raya menjadi incaran investor perkebunan untuk berinvestasi.

Ketua Komisi II DPRD Kubu Raya, Teguh Wibowo berharap dinas ini dapat membuat terobosan dan inovasi baru untuk peningkatan pembangunan di Kubu Raya.

“Memang untuk anggaran dinas ini tidak terlalu besar, akan tetapi kita berharap tidak menyurutkan kinerja untuk membuat berbagai terobosan dan inovasi baru,” katanya.

Diakui Teguh dinas ini memiliki potensi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti di bidang perkebunan. Namun politisi Partai Demokrat ini mengingatkan hendaknya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah provinsi.

“Sebab masing-masing sudah ada kewenangan yang sudah diatur. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” ucapnya.

Elfizar Edrus yang sebelumnya berstatus Pelaksana Tugas, akhirnya resmi dilantik menjadi kepala dinas definitif, setelah lulus seleksi jabatan pimpinan tertinggi pratama eselon II bersama dua kadis lainnya.

“Selama ini ia sudah cukup baik membangun kerja sama dengan kami sebagai mitra kerja. Harapan kami buat terus terobosan dan inovasi yang bersentuhan dengan masyarakat dan peningkatan PAD,” harap Teguh lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan dan Peternakan Kubu Raya, Elfizar Edrus menyatakan komitmennya menjalankan pakta integritas yang ditanda tangani sebagai pemacu meningkatkan etos kerja.

“Insyaallah saya komitmen. Karena untuk mendorong kita meningkatkan kinerja. Dan jika dievaluasi saya siap,” tegasnya.

Ia pun berencana membuat satu program terobosan di OPD yang dipimpinnya yakni perkebunan yang terintegrasi dengan peternakan.

Program inovasi itu diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat dengan memanfaatkan lahan kosong.(rob)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here