Ketiga Kalinya Kubu Raya Dianugrahi Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

47
Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat menerima penghargaan kabupaen Peduli HAM yang diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly

Solo, BerkatTV. Kabupaten Kubu Raya kembali dapat mempertahankan prestasinya sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia di Indonesia dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan ini berturut-turut dan kali ketiganya sejak diraih tahun 2015 kemudian 2016.

Penghargaan dalam rangka memperingati Hari HAM ke 69 se-Dunia di Solo, Minggu (10/12) yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Bupati Kubu Raya Rusman Ali dihadiri Presiden Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakan, dan pemajuan HAM adalah tanggung jawab Pemerintah.

Kewajiban ini bukan semata-mata diemban oleh Pemerintah Pusat, melainkan juga melekat di semua jajaran Pemerintah Daerah.

“Dasar pertimbangannya, faktor luasnya wilayah dan jenjang pemerintahan serta birokrasi yang menyulitkan Pemerintah Pusat untuk dapat menjangkau warga masyarakat secara langsung,” terang Presiden.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly mengatakan pemerintah terus berkomitmen dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM yang diamanatkan dalam Konstitusi dan instrumen HAM Internasional.

“Ini bisa dilihat hasil dialog Universal Periodic Review (UPR). Negara anggota PBB menyampaikan apresiasi pemajuan HAM di Indonesia khususnya terkait dengan RANHAM,” jelas Yasonna.

Tahun 2017 Aksi HAM di daerah hingga saat ini telah mencapai 52,26 persen dan diharapkan di akhir tahun ini, Pemerintah Daerah dapat mempercepatnya hingga mencapai 100 persen.

Terkait dengan penyusunan Perda Yasonna mengatakan pihaknya telah membuat peraturan terkait penerapan materi muatan HAM dalam pembentukan perundang-undangan.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengaku bersyukur bisa mempertahankan Kubu Raya sebagai kabupaten peduli HAM secara berturut-turut.

“Ini artinya semua kebijakan dan program yang kita buat untuk meningkatkan kesejahteraan maayarakat. Pembangunan infrastruktur dan pelayanan yang baik, upaya dan prioritas pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan hak-hak warga,” ujar Rusman Ali.

Pemerintah Kubu Raya sejak awal pemerintahan Rusman Ali dan Hermanus berkomitmen untuk selalu membawa Kubu Raya lebih maju. Bersama masyarakat untuk mewujudkan kemajuan Kubu Raya. Dengan kerja keras dan kerja nyata.

“Seperti yang dipesankan Presiden yang harus dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah kerja nyata. Sebagaimana juga yang kita lakukan di Kubu Raya. Kita melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk membangun Kubu Raya. Kita tidak butuh retorika, euforia dan mimpi-mimpi saja. Kita butuh tindakan langsung, gerak cepat dan tindakan nyata,” pungkasnya.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here