Pemalsu Pita Cukai Rokok Ditangkap

131
Terduga Beserta Barang Bukti Rokok Tanpa Cukai Diamankan Petugas Polsek Meliau. Foto: ist

Sanggau, BerkatTV. Jajaran Polsek Meliau berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku tindak pidana cukai di Jalan Joko Soedarmo, Dusun Meliau Hilir, Kecamatan Meliau, Sabtu (16/12).

“Ketiga terduga pelaku diantaranya, inisial APN, RYN, ZSN. Barang bukti yang diamankan satu unit kendaraan jenis Avanza dan satu lembar STNK, empat tim rokok merk gudang garam, 10 tim rokok merk L dan V Bold, 11 tim rokok merk plus dan dua tim rokok merk Cagak Sewu, ” kata Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan, Senin, (18/12).

Kronologis penangkapan, kata Kapolres, yakni pada hari Sabtu, 16 Desember 2017 anggota piket Polsek Meliau mendapati informasi dari masyarakat bahwa ada satu unit kendaraan bermotor roda empat di kawasan pasar Meliau yang sedang mengangkut rokok dengan menggunakan pita cukai atau tanda pelunasan cukai lainnya yang palsu atau di palsukan.

Setelah mendapatkan informasi, anggota melakukan pencarian terhadap kendaraan dimaksud. Setelah ditemukan dilakukan pengecekan terhadap barang yang diangkut.

Di dalam kendaraan tersebut di temukan 27 tim rokok berbagai merk yang diduga menggunakan pita cukai atau tanda pelunasan cukai lainnya yang palsu atau di palsukan.

“Anggota Polsek Meliau kemudian mengamankan barang bukti tersebut ke Polsek Meliau,” ujarnya.

Dikatakanya, pasca diamankannya para terduga pelaku beserta barang bukti kemudian anggota Polsek Meliau telah membuat Laporan Polisi dengan nomor:LP/141/A/XII/2017/Kalbar/Res Sgu/Sek Mlu tanggal 17 Desember 2017.

“Rencana tindak lanjut, BAP terhadap saksi, koordinasi dengan Bea Cukai Entikong, melengkapi mindik, pelimpahan perkara ke Kantor Bea Dan Cukai Entikong. Dan sampai saat ini seluruh barang bukti masih diamankan di Mapolsek Meliau, ” terangnya. (iin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here