Sederetan Prestasi Pendidikan Kubu Raya Tahun 2017

121
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus

Kubu Raya, BerkatTV. Sepanjang tahun 2017 segudang prestasi telah diraih pendidikan Kubu Raya. Mulai dari sekolah, guru maupun siswa yang rata-rata mendapatkan peringkat.

Seperti di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi, Kubu Raya berada di runner up juara umum meraih tiga emas 2 perak dan 1 perunggu. Kemudian di tingkat nasional, pelajar Kubu Raya sukes meraih perak dan perunggu.

Di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) tingkat provinsi, Kubu Raya menyabet 2 emas 1 perak yang diraih dari cabang seni gitar solo serta cipta dan baca puisi.

Untuk hasil ujian nasional SMP, Kubu Raya menempati peringkat ke-4 dari 14 kabupaten/ kota di Kalbar. Disamping itu seorang guru SMPN 3 Sui Kakap meraih peringkat 1 tingkat provinsi di ajang Guru Berprestasi.

“Karena itu bagi siswa yang berprestasi diberikan penghargaan berupa beasiswa. Tahun 2015 dan 2016 sudah sebanyak 27 anak tidak mampu mendapatkan beasiswa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus.

Bidang Sekolah Dasar ternyata juga meraih sejumlah prestasi. Seperti di ajang O2SN, lima pelajar SD Kubu Raya menyabet juara satu tingkat provinsi dan satu diantaranya juara tiga tingkat nasional.

Di ajang FLSN tingkat provinsi, tim Kubu Raya sukses meraih juara 1 dan juara IV tingkat nasional di cabang seni tari.
Dan satu sekolah yakni SDN 9 Sui Raya didaulat mewakili Kalbar pada lomba pramuka dan budaya mutu tingkat nasional.

Untuk hasil ujian sekolah, nilai tertinggi mencapai 284,0 diraih siswa SDN 64 Sui Raya. Sedangkan sekolah diraih SDN 9 Sui Raya dengan nilai 253,50.

Sementara untuk pengawas, guru dan kepala sekolah berprestasi terdapat enam. Dua diantaranya mewakili Kalbar di tingkat nasional, dan sisanya mewakili Kubu Raya ke tingkat provinsi.

Di ajang Olimpiade Guru juga sejumlah guru menoreh berbagai prestasi baik guru kelas, guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris dan IPS.

“Kami berharap prestasi yang diraih ini menjadi pemicu bagi yang lain untuk terus menunjukan kemampuannya masing-masing,” tambah Frans Randus.

Prestasi ini menurut Frans dapat menjadi motivasi siswa, guru maupun sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Kubu Raya.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here