Tak Hanya Langka LPG 3 Kg Dipatok Rp40 Ribu

149
Int

Kubu Raya, BerkatTV. Persoalan LPG 3 kg hingga kini belum dapat terselesaikan seperti yang diharapkan. Sudah lah keberadaannya langka, harga pun melambung tinggi.

Seperti yang terjadi di Desa Sui Kerawang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Di sana harganya hingga mencapai Rp40 ribu per tabung yang dijual ke masyarakat.

“Susah mau dibilang. Yang jelas harganya Rp35 ribu sampai Rp40 ribu. Harga itu dinaikan dari pengepulnya di Kecamatan Batu Ampar. Kalau pengecer di Desa Kerawang, standar menjualnya tidak jauh dari pengepul. Manalagi susah didapat,” ungkap tokoh pemuda setempat, Purwadi.

Ia sebutkan terpaksa warga membeli ke Kayong Utara, kabupaten tetangga Kubu Raya. Itu juga dilakukan warga dua desa lainnya yakni Sumber Agung dan Muara tiga.

“Di Kayong Utara jauh lebih murah. Standarlah harganya Rp20 ribuan, ” tuturnya.

Ia berharap pemerintah dan pertamina segera mengambil tindakan. “Kalau ada oknum yang bermain mengenai harga, tolong ditindak, supaya masyarakat kecil tidak menjadi korban,”harapnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya Norasari Arani membenarkan kejadian itu.

“Kita sudah konfirmasi dengan Kepala Desa Sumber Agung dan Camat Batu Ampar. Memang benar ada pengecer yang menjual harga itu,” ungkapnya.

Pihaknya sudah melapor ke Sales Executive PT Pertamina untuk mengecek distributor dan pangkalan.

“Ternyata harga tinggi di tingkat pengecer. Tindakan pertama untuk jangka pendek, Kades sudah menegur pengecer dimaksud, tindakan jangka panjang akan diatur dengan pembentukan pangkalan gas di daerah terpencil,” kata Nora.

Ia sebutkan pihaknya akan membuat Surat Edaran Bupati bahwa tidak diperbolehkan ada pengecer gas di daerah terpencil. Karena gas termasuk kategori barang dalam pengawasan.

Di bulan Januari 2018, pihaknya segera siapkan SK Bupati terkait ongkos angkut gas ke daerah terpencil. Agar harga yang berlaku lebih rasional. Sedangkan untuk bukan daerah terpencil harga harus mengikuti SK Gubernur Rp16.500 di pangkalan.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here