Disdik Ungkap Alasan Pendidikan Tidak Ada Kemajuan

101
Mutu pendidikan akan meningkat seiring adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Sehingga tercipta pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan pelajar yang berkualitas. Foto: dok

Sintang, BerkatTV. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang Yustinus mengaku tidak memungkiri bahwa bahwa memang belum ada perkembangan yang signifikan.

Namun, menurutnya, hal itu tidak bisa dipungkiri bahwa membangun pendidikan bukan hanya soal SDM, tapi juga dari segi sarana dan prasarananya.

Menurut Yustinus, pengembangan SDM sudah cukup baik. Hal itu bisa dilihat dari presentase hasil ujian nasional dan olimpiade sain dari pelajar yang mengikuti hingga tingkat provinsi. Namun untuk fisik memang belum terwujud.

“Untuk fisik, memang kami akui (kurang) dibandingnkan dengan (pembangunan) puskemas. Memang mereka menata sarana prasana (Fasilitas pelayanan kesehatan) luar biasa,” ungkapnya.

Diakui Yustinus, pihaknya sangat terbatas dengan anggaran pembangunan fisik. Begitu pula dengan rehab rumah dinas guru dan penambahan lokal sekolah. Saat ini saja, SD ada 420, sementara SMP ada 130 yang terdiri dari swasta maupun negeri.

“Memang kami ada kesulitan. Ibarat membagi “kue” kecil saja. Ditambah lagi petunjuk kusus DAK seperti tahun lalu hanya penambahan ruang kelas, dan rehab saja, tidak ada rumah dinas,” terangnya

Tahun ini sambungnya ada dana afirmasi untuk rumah dinas, tapi tidak ada penambahan ruang kelas. Itu yang terjadi. Kalau SMP, itu hanya rehab.(sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here