PAD Lampau Target Hingga Rp112 Miliar. Darimana Saja Sumbernya

88
Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat meninjau standa BPPRD sedang melayani penerimaan pajak daerah untuk mendongkrak PAD. Foto: dok

Kubu Raya, BerkatTV. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kubu Raya mencatat perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017 sebesar Rp112 miliar. Jumlah ini alami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2016 lalu.

“Sampai akhir Desember 2017 menjelang saat-saat cut off, Alhamdulillah, realisasi pajak daerah sebesar 126 persen atau Rp112 miliar lebih dari yang ditargetkan Rp88 miliar lebih,” kata Kepala BPPRD Kubu Raya, Supriaji dalam rilis yang diterima BerkatTV.com, Senin (1/1).

Adapun sumber PAD itu dari 11 jenis pajak daerah, yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan (PBB) dan BPHTB.

Sementara realisasi retribusi daerah yang dipungut oleh enam SKPD pemungut, terealisasi 141 persen atau Rp10,89 miliar dari target sebesar Rp7,71 miliar.

Penerimaan retribusi daerah didominasi dari retribusi IMB yang mecapai 172 persen atau Rp9,86 miliar dari yang ditargetkan Rp5,72 miliar. Capaian ini terutama disebabkan keberhasilan dalam penerapan peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan perizinan yang dilaksanakan secara terpadu oleh beberapa SKPD terkait.

“Dengan demikian, realisasi pajak dan retribusi daerah Kab.Kubu Raya Tahun Anggaran 2017 adalah 134 persen,” tambahnya.

Sementara itu Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, Gusmawan menuturkan untuk beberapa jenis pendapatan retribusi yang belum dapat direalisasikan dengan maksimal dikarenakan adanya perubahan regulasi dalam pemungutan retribusi daerah.
“Salah satunya retribusi pengendalian menara telekomunikasi. Akan tetapi untuk perubahan regulasi akan diikuti dengan perubahan perda yang akan diterapkan mulai tahun 2018 mendatang,” ucapnya.

Kabid Pajak Lainnya, Azmi, menyebutkan beberapa pendapatan pajak yang realisasinya sudah mencapai target, antara lain pajak restoran R 3,762 miliar dari target Rp3,030 miliar, Pajak Hotel dari target Rp600 juta tercapai Rp659 juta lebih atau 109 persen dan pajak Hiburan Rp767 juta lebih dari target Rp630 juta.

Sedangkan Kabid PBB dan BPHTB, Sy Ibrahim menjelaskan untuk BPHTB sebesar Rp65 miliar lebih target Rp45 miliar serta PBB Rp11 miliar lebih dari target Rp11 miliar atau pencapaian 100 persen.

Terpisah, Bupati Kubu Raya Rusman Ali apresiasi peningkatan PAD tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi. Alhamdulillah karena kerja keras teman-teman semuanya. Menyusuri segala sumber-sumber pajak dan piutang-piutang pajak. Hasilnya sangat baik. Tahun ini pendapatan pajak kita melebihi target,” ucapnya.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here