Balai Konservasi Singkawang Luncurkan Galeri Konservasi

138

Singkawang, BerkatTV. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta meluncurkan galeri konservasi Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Kamis (4/1).

“Dengan diluncurkannya Gallery of Conservation ini, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang,” kata Sadtata Noor Adirahmanta.

Melalui galeri ini, katanya, BKSDA ingin menampilkan wajah baru di institusi pengelola konservasi yang berarti BKSDA ingin menjadikan masyarakat sebagai bagian utuh dari pengelolaan.

“Kalau dulu orang lihat kalau institusi pengelola konservasi itu sepertinya menyeramkan, tegang dan melarang-larang. Tetapi sekarang konsep kita adalah mengajak dan merangkul. Karena kalau orang mau masuk ke kantornya saja sudah merasa seram bagaimana kita mau merangkul dan bagaimana masyarakat bisa paham bahwa kawasan itu harus di jaga,” ujarnya.

Menurutnya, ini baru merupakan langkah awal dan kedepan akan masih banyak lagi inovasi-inovasi yang akan pihaknya kembangkan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak lagi diajari, diceramahi atau diomongi karena itu merupakan metode yang lama.

“Jadi nanti akan ada inovasi-inovasi yang lebih bagus dan menyenangkan lagi, sehingga masyarakat kita memahami bahkan terlibat dalam konservasi dengan rasa senang dan gembira,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Dani Arief Wahyudi mengatakan dengan diluncurkannya Gallery of Conservation itu, pihaknya ingin memberikan warna yang berbeda dalam berkampanye konservasi.

“Kalau selama ini kami hanya memberikan penyuluhan-penyuluhan konvensional, kami berharap melalui Gallery of Conservation ini kampanye menjadi sedikit berbeda,” ungkapnya.

Karena pihaknya akan membuka gallery ini untuk umum pada hari dan jam tertentu. Kemudian secara periode, pihaknya juga akan membawa para pelajar ke Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang untuk diajarkan cara konservasi, nobar, sampai dengan menyiapkan permainan dan doorprize.

“Sekarang ini sedang disiapkan oleh teman-teman di Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang,” katanya. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here