Kesempatan Paslon Perseorangan Lolos di Tahap Perbaikan Berkas

208
Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar

“total dukungan yang harus dipenuhi adalah dua kali lipat dari jumlah kekurangan pada saat penyerahan berkas yang pertama dulu”

Kubu Raya, BerkatTV. KPU memberikan kesempatan kepada setiap bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan untuk memperbaiki berkas dukungannya.

“Berkas dukungan perbaikan itu diserahkan ke KPU mulai tanggal 18 – 20 Januari 2018,” jelas Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar.

Tahapan selanjutnya KPU melakukan penelitian administrasi terhadap perbaikan berkas dukungan tersebut. Setelah itu dilakukan penelitian faktual pada tanggal 30 Januari – 5 Februari.

“Rekap jumlah dukungan di tingkat kecamatan pada tanggal 6 – 7 Februari. Dan pada tanggal 8 – 9 Februari rekap di tingkat kabupaten,” tuturnya.

Disebutkan Gustiar jika hasil rekapitulasi itu ternyata melebihi dari batas minimal yakni 34.974 dukungan maka ia dinyatakan lolos. Akan tetapi jika kurang maka dinyatakan tidak lolos.

“Artinya total dukungan yang harus dipenuhi adalah dua kali lipat dari jumlah kekurangan pada saat penyerahan berkas yang pertama dulu,” ungkap Gustiar.

Beberapa waktu lalu, KPU Kubu Raya telah melakukan rekapitulasi berkas dukungan terhadap tiga pasangan calon perseorangan.

Hasilnya, berkas dukungan yang memenuhi syarat bagi pasangan calon Werry Syahrial – HM Nasir Maksudi sebanyak 18.577 Maka kekurangan dukungannya adalah 16.397 x 2 = 32.784.

Pasangan calon Suronto – Alexander, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 6.740 dan kekurangan dukungan 28.234 x 2 = 56.468.

Sedangkan pasangan calon Muhammad Sholeh – Martinus Akuan, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 12.051 dan kekurangan dukungan 22.923 x 2 = 45.846.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here