Setelah Pasar Melati Terbengkalai. Berikut Upaya Akan Dilakukan Dinas

81
Pasar Melati yang terletak di Komplek Cipta Mandiri Dua Km 5 Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang yang terbengkalai tidak difungsikan layaknya pasar.Foto: Susi

Sintang, BerkatTV. Pasar Melati yang terletak di Komplek Cipta Mandiri Dua Km 5 Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang kondisinya kini semakin memprihatinkan.

Sarana dan prasarana tidak memadai bahkan saat ini bangunan toilet pun sudah tak berbekas rata dengan tanah. Aset Pemda ini dibangun sekitar 12-an tahun dengan menelan dana ratusan juta rupiah.

Namun tak difungsikan alias nganggur. Sempat masyarakat setempat manfaatkan untuk menjemur tempe.

“Sayang ya tidak dimanfaatkan. Seharusnya sebelum membangun dikaji lebih dulu agar tak berdampak pada pemanfaatan pasar kedepan, padahal kalo dihitung-hitung di sini (pasar melati-red) sudah ada embrionya tinggal mau atau tidak untuk mengembangkanya, kalau begini kan sangat disayangkan ndak bisa memberikan PAD,” tutur warga sekitar.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Sintang, H. Sudirman berjanji akan mengaktifkan pasar yang tela dibangun.

“Pasar akan kami aktifkan operasionalnya, dengan menyesuaikan kondisi dan lingkungan pasar,” tuturnya.

Ia pun memastikan akan meninjau kondisi pasar tersebut dan mencatat apa yang dibutuhkan untuk menghidupkan kembali pasar.

Ia sebutkan dari beberapa keluhan matinya pasar itu lantaran adanya pedagang sayur keliling. Karena itu pihaknya akan membuat aturan baru supaya pedagang keliling bisa dirangkul untuk menghidupkan pasar.

“Susah ya masalahnya masyarakat setempat ini terbiasa dimanjakan dengan pedagang sayur keliling. Tapi kita akan buat aturan baru selain itu kita akan ajak DPMTSP untuk melihat ijin mereka pedagang sayur dipinggir Jalan MT Haryono yang tak jauh dari lokasi pasar,” jelasnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno menegaskan pihaknya sudah memerintahkan pihak Disperindagkop dan UKM untuk meninjau kembali kendala dan permasalahannya.

Pun demikian ia pastikan pihaknya belum ada rencana untuk mengalihfungsikan pasar tersebut.

“Saya rasa belum lah ya kalau untuk alih fungsi,kita usahakan dihidupkan kembali,” tegasnya.(sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here