Pastikan Kondisi Hewan Kurban Sehat

130
Herman AP

Mempawah, BerkatTV. Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, DPRD Kabupaten Mempawah mengingatkan masyarakat yang hendak berkurban untuk membeli hewan yang dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk disembelih. Sapi atau kambing yang sakit tentu tidak layak untuk dibagikan kepada masyarakat, karena dikhawatirkan berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi.

“Sebelum membeli hewan kurban yakni sapi dan kambing, pastikan dalam kondisi sehat secara fisik, cukup umur dan sah untuk dikurbankan secara agama,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Mempawah, Herman AP, SE, Rabu (23/8).

Legislator Partai Golkar ini juga meminta Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKP2) melalui Bidang Peternakan untuk mengawasi sekaligus memeriksa kesehatan secara intensif terhadap hewan yang akan dikurbankan pada Idul Adha nanti. “Kita tidak mau, pelaksanaan kurban diwarnai keberadaan hewan yang berpenyakit,” katanya.

Herman juga mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban untuk mewaspadai oknum penjual nakal yang menawarkan hewan kurban berpenyakit dengan harga lebih murah. “Jangan tergiur membeli sapi atau kambing yang berharga murah tapi berpenyakit. Belilah hewan kurban yang sehat agar bisa memberikan manfaat dan halal dimakan,” ujarnya.

Terkait penyebaran daging kurban, pria yang juga aktif di Gerakan Pramuka ini mengharapkan dapat dilakukan secara merata dan diberikan pada orang yang layak menerimanya. “Oleh sebab itu, saya mengharapkan dalam proses pendistribusian daging kurban tersebut dapat dilakukan secara tepat sasaran agar bisa dinikmati masyarakat kurang mampu,” pungkas dia. (fsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here