Dinas Imbau Masyarakat Periksakan Kesehatan Hewan Kurban

113

Singkawang, BerkatTV. epala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Yusnita mengimbau kepada masyarakat muslim yang ada di kota setempat untuk segera memeriksakan kesehatan hewan yang akan di kurbankan.

“Bagi masyarakat yang belum memeriksakan hewan kurban mohon beritahukan kepada tim kesehatan hewan kita ke Nomor telepon genggam 081522731300 atas nama dokter Cahyo,” kata Yusnita, Selasa (29/8).

Pemeriksaan itu, ujarnya, kalau dapat bisa di kumpulkan di salah satu tempat untuk memudahkan petugas melakukan pemeriksaan.

“Jangan terpecah-pecah, kumpulkan di suatu tempat misalnya di Masjid,” ujarnya.

Menurutnya, tim pemeriksaan kesehatan kurban sudah mulai turun hari ini sampai dengan hari-H Idul Adha.

“Hari ini tim kesehatan kita sudah turun untuk melakukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi hidup. Dan pemeriksaan itu akan terus dilakukan sampai dengan hari-H Idul Adha,” ungkapnya.

Yusnita memprediksi, kalau tahun ini akan terjadi penurunan jumlah hewan kurban. Hal itu mungkin disebabkan faktor ekonomi yang terjadi sekarang ini.

“Sepertinya tahun ini terjadi penurunan, mungkin disebabkan faktor ekonomi,” tuturnya.

Sementara yang mengandung cacing hati ada sebanyak 35 ekor. “Mengenai cacing hati ini, kita lihat dulu tingkat keparahannya. Kalau sudah melebihi 50 persen, lebih baik dibuang hatinya karena akan membahayakan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya,” katanya.

Dia menyebutkan, syarat utama untuk berkurban antara lain, cukup umur, sehat, tidak cacat dan usahakan jantan. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here