Ingin Tahu Penanganan Penyakit Kaki Gajah. Kemenkes Temui Masyarakat

171
Petugas BBTLPP Kemenkes RI didampingi Pj Kades Sui Raya Dalam dan Petugas Puskesmas Korpri saat mendatangi masyarakat untuk pencegahan penyakit kaki gajah. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatTV. Kementerian Kesehatan RI turun langsung ke masyarakat melakukan croscek penanganan penyakit kaki gajah atau filariasis yang disebabkan oleh cacing filaria (cacing benang putih) yang disebarkan oleh gigitan nyamuk.

Di Kabupaten Kubu Raya terdapat 30 desa yang menjadi sasaran Kemenkes RI. Salah satunya di Desa Sui Raya Dalam pada Selasa (12/12).

Didampingi Pj Kades dan petugas kesehatan Puskesmas Korpri, petugas dari Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTLPP) Kementerian Kesehatan RI mendatangi beberapa rumah di Komplek Korpri Desa Sui Raya Dalam.

Petugas BBTLPP Kemenkes RI melakukan wawancara langsung kepada masyarakat seputar informasi, pengetahuan dan pemberian obat anti penyakit kaki gajah atau filariasis.

Alhasil, masyarakat tidak asing mendengar tentang penyakit kaki gajah atau filariasis, baik penyebab, pengobatan maupun pencegahannya.

Alis petugas Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI apresiasi pengetahuan dan pengobatan yang diterima masyarakat untuk mencegah penyakit kaki gajah.

Namun ia berharap ada beberapa hal yang mesti ditingkatkan oleh pihak Puskesmas dalam pemberian obat filariasis ini ke masyarakat.

“Kedepan petugas puskesmas atau kader langsung membagikan obatnya ke masyarakat dengan mendatangi rumah per rumah. Sehingga pencakupan minum obatnya dapat lebih maksimal,” harapnya.

Menurutnya, jika masyarakat patuh meminum obat anti filariasis maka dapat mencegah potensi terjadinya penyakit kaki gajah.

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Sui Raya Dalam Sudarmadi menilai pencegahan terhadap penyakit kaki gajah di wilayah yang dipimpinnya sudah cukup baik.

“Masyarakat harus sadar untuk pencegahan penyakit kaki gajah mengingat bahaya yang ditimbulkannya,” harapnya.

Ia berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya sehingga cacing filaria yang disebarkan oleh gigitan nyamuk tidak mudah berkembang di sekitaran rumah.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here