Biasanya Damkar Padamkan Api. Kali Ini Usir Tawon

151
Petugas DAmkar Sintang setelah menjalankan tugasnya mengusir sarang tawon. Foto: Susi

Sintang, BerkatTV. Biasanya petugas pemadam kebakaran (damkar) memadamkan api saat terjadi peristiwa kebakaran. Namun kali ini lain dari biasanya.

Jumat (5/1), Damkar Pemkab Sintang mendapat panggilan untuk mengusir tawon yang sarangnya dua kali ukuran bola kaki di sebuah pohon manggis. Apalagi bersarang di kawasan pemukiman penduduk di Gang Surau Jalan PKP Mujahidin Kelurahan Tanjung Puri Kecamatan Sintang.

Berbekal parang dan karung, pengusiran sarang tawon itu petugas dengan berkostum ala astronot menaiki tangga yang ditopang dua rekannya di bawah.

“Kalau petugas sudah tidak ada masalah. Karena mengenakan pakaian khusus tahan api. Yang dikhawatirkan jika mengenai warga, karena serangannya bisa membuat korbannya sakit demam, bahkan jika dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian,” ungkap Kepala Seksi Damkar di Satpol PP dan Damkar Sintang, Yudius yang memimpin langsung proses pengusiran tawon.

Tawon yang memiliki ciri khas tanda oranye pada kepalanya dan tergolong paling agresif dan berbisa.

Namun berkat penanganan dan perhitungan yang akurat, proses pengusiran sarang tawon kali ini pun berjalan lancar. Tanpa menimbulkan korban warga ataupun petugas yang tersengat, proses pengusiran tawon berjalan lancar.

Dijelaskan Yudius pihaknya melakukan pengusiran tawon pada malam hari menghindari kerawanan sebab jika diusir siang hari khawatir menimbulkan korban sengatan kepada masyarakat.(sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here