Bangun TPA Regional. Sampah Tiga Daerah Ditampung di Kubu Raya

117
TPA Sampah di Jalan Rasau Jaya yang saat ini menggunung sampahnya. Foto: dok

Kubu Raya, BerkatTV. Kabupaten Kubu Raya akan dibangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional, yang nantinya akan menampung sampah dari tiga kabupaten/ kota sekaligus.

Menurut Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo, TPA ini akan dibangun di dua titik yakni di Kecamatan Ambawang dan Rasau Jaya.

Odang mengatakan, tahun 2018 ini, wacana pembangunan tempat TPA regional tersebut selesai dilakukan pembahasan dan anggaran, hingga nanti tahun 2019, sudah mulai dilakukan pembanggunan, baik di mulai kajian tehnis maupun yang lain.

Menurut dia, wacana tersebut saat ini sudah ditetapkan di dua kawasan yakni Ambawang dan Rasau Jaya.

“Kita masih melakukan kajian terhadap wacana pembanggunan TPA. Kajiannya masih dilakukan dinas terkait, baik Kubu Raya dan provinsi Kalbar. Pihak pemerintah pusat mendukung wacana tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, dua lokasi pembangunan TPA regional, sudah memenuhi aspek dari segi geografis dan geologis tanah dan sosial, sehingga ditetapkan dua daerah tersebut.

“Wacana pembuatan TPA baru itu juga dikarenakan makin sempitnya lahan di TPA Rasau Jaya, sehingga beberapa tahun kedepan tidak bisa menampung sampah lagi,” ungkapnya.

Kondisi lahan TPA Rasau Jaya, disebutkan Oedang, luasnya kurang lebih dua hektar namun telah terisi gundukan sampah. Sampah di lokasi itu belum bisa diminimalisir mengingat sistem pengelolaannya masih dilakukan secara konvensional melalui penumpukan dan pembakaran.

“Mudah-mudahan wacana ini bisa terlaksana. Karena itu kita berharap dukungan semua pihak agar TPA Regional dapat terbangun,” pungkasnya.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here