1000 Guru Kalbar Gelar Traveling & Teaching di Pedalaman Kabupaten Sekadau

131
Para anak muda yang tergabung dalam komunitas 1000 Guru Kalbar melaksanakan kegiatan Traveling & Teaching di Dusun Kelampuk, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman (foto : ist)

Sekadau, BerkatTV. Ratusan pemuda yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Kalbar berkunjung ke Kabupaten Sekadau, tepatnya di Dusun Kelampuk, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, dalam rangka kegiatan Traveling & Teaching. Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 26-28 Januari lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan selama Traveling & Teaching (TnT) adalah mengajar, memberikan motivasi kepada siswa, dan memberikan donasi berupa topi, dasi, pakaian sekolah, dan perlengkapan sekolah.

“Kita memilih lokasi ini karena kami lihat lokasinya cocok sekali untuk mengadakan TnT ini. Dan kebetulan juga ini merupakan yang pertama kalinya kami mengunjungi Kabupaten Sekadau,” ujar Ketua Panitia TnT 9, Madian Adi Putra.

“Cocok dalam artian kita bisa lihat sendiri contohnya seperti anak-anak sekolah yang harus berjalan kaki kurang lebih 1-2 jam naik turun bukit untuk pergi ke sekolah, bahkan ada yang menyeberangi sungai. Ini menunjukkan bahwa pendidikan di pedalaman masih butuh perhatian khusus,” jelasnya.

Volunteer dari Komunitas 1000 Guru Kalbar bersama para siswa saat kegiatan Traveling & Teaching 9 yang dilaksanakan di Dusun Kelampuk, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau (Foto : 1000 Guru Kalbar)

Madian menambahkan bahwa kegiatan Traveling & Teaching (TnT) ini merupakan yang kesembilan kalinya dilaksanakan oleh 1000 Guru Kalbar. Dan di edisi kali ini kegiatan TnT kembali membuka pengobatan gratis untuk warga.

“Sebenarnya untuk pengobatan gratis ini sudah pernah dilakukan di TnT 2, tapi setelah itu vakum beberapa edisi. Kita kembali membuka pengobatan gratis ini karena kita ingin memberi sesuatu yang beda di TnT kali ini. Dan hasilnya sambutan warga disini sangat luar biasa.

Kepala Desa Meragun, Imakulata, menyambut positif dan mengapresiasi kedatangan komunitas 1000 Guru Kalbar di Desa Meragun.

“Saya sangat bangga dan sangat mengapresiasi sekali karena sudah membantu warga disini. Dan kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh pemuda inilah yang harus lebih digalakkan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan harapan dan pesan kepada para siswa dan juga 1000 Guru Kalbar.

“Harapan saya semoga dengan datangnya kawan-kawan 1000 Guru Kalbar ini dapat membuat para siswa lebih termotivasi untuk terus belajar dan meraih cita-cita mereka. Dan pesan saya untuk 1000 Guru Kalbar tetap semangat, terus maju, dan lanjutkan perjuangan demi pendidikan di Kalimantan Barat,” tutupnya.

Dalam kegiatan TnT 9 ini, untuk pelaksanaan Teaching atau mengajar dilaksanakan di SDN 16 Kelampuk dilanjutkan dengan pengobatan gratis untuk warga sebelum diakhiri dengan kegiatan Traveling menuju Air Terjun Sirin Punti. (riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here