KPU Atur Pemasangan APK Paslon

130
Penertiban apk diberbagai lokasi di kota pontianak bersama satpol pp, kesbangpol, panwaslu kpu dan tim LO Paslon. Foto: joni

Pontianak, BerkatTV. Divisi Sosialiasi dan Kampanye, KPU Kota Pontianak, Abdul latif menegaskan, sudah menjadi kesepakatan bersama Panwaslu, Kesbangpol dan Satpol PP Kota Pontianak Kota, untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Penertiban APK, sebagai bentuk upaya taat aturan.

Selanjutnya KPU akan memberikan APK kepada tim paslon. Untuk baliho lima lembar, umbul-umbul 20 buah dan spanduk dua buah. Dari jumlah itu, paslon bisa menambah sebesar 150 persen.

“Artinya, bila itu baliho, tim paslon bisa menambah tujuh buah, umbul-umbul tambah 30 buah, dan spanduk tiga buah,” paparnya.

Bila ingin menambah, kata dia, tim paslon harus lebih dulu koordinasi dengan KPU, menyangkut jumlah APK, anggaran dan di mana lokasi mencetak.

Nanti akan ada yang lain, seperti poster, dan brosur. Masing-masing paslon akan mendapat 30 ribu buah. Media kampanye itu bisa dipakai untuk mendampingi paslon dalam melakukan sosialisasi tatap muka dengan masyarakat.

Dalam pemasangan APK nanti, lokasinya telah diatur KPU. Ada sejumlah titik yang tidak boleh, di antaranya Jalan A Yani, Jalan Gajahmada, Jalan Diponegoro dan Jalan Tanjungpura.

“Paslon boleh pasang di videotron, tapi tentu dengan ketentuan dan koordinasi dengan KPU,” pungkasnya.

Sementara itu Korordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Pontianak, Irwan Manik Radja menjelaskan, memang jadwalnya tanggal 22 Februari kemarin merupakan batas bagi pasangan calon untuk membersihkan semua atribut mereka.

“Hari ini Panwas dan Kesbangpol serta Satpol PP Kota Pontianak berjalan untuk melihat lagi apa yang belum terealisai untuk dibersihkan,” ujarnya.

Menurut Irwan, baliho memang merupakan salah satu sarana kampanye tapi ada persyaratan yang di syaratkan oleh KPU bahwa dari ukuran setiap masing-masing ada batasan dan jumlahnya.

“Tim Penertiban baliho terbagi atas tiga zona yaitu Timur dan Utara, Barat dan Kota, Selatan dan tenggara,” paparnya.(jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here