Warga Selamatkan Bekantan Hanyut di Sungai

58
Bekantan yang diselamatkan oleh warga saat hanyut di tengah sungai.

Pontianak, BerkatTV. Diduga hanyut dari habitatnya di Pulau Bungin tidak jauh dari Desa Sungai Baru Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas, Bekantan (Nasalis Larvatus Larvatus), Senin (26/2) diselamatkan warga.

Satwa dilindungi tersebut, kemudian diikat dengan seutas tali pada bagian perut. Beruntung, satwa dilindungi ini kemudian diposting di Facebook. Sebab, si penyelamat Bekantan ini tidak tahu, harus melapor kemana.

Melalui Akun Facebook Lesta, menjelaskan telah menemukan satwa langka dan memohon pihak berwenang untuk mengevakuasi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, Dani Arief Wahyudi menjelaskan, berdasarkan informasi tersebut tim melakukan penelusuran ke berbagai sumber dan didapatkan informasi sementara bahwa satwa tersebut di selamatkan warga setelah terapung di sekitar Sungai Baru dan telah dilepasliarkan oleh warga setempat.

“Dari informasi yang didapatkan bahwa, satwa tersebut diketahui oleh warga terapung di sungai selama beberapa jam dan warga setempat berinisiatif untuk mengevakuasi dari air dengan menggunakan perahu. Karena ditakutkan lari warga mengikat satwa tersebut sambil menunggu pihak berwenang untuk mengevakuasi,” ujarnya Selasa (27/2).

Dari hasil penelusuran Tim Satgas TSL, setelah berkoordinasi dengan aparatur Desa Sungai Baru dan Rusli Ketua RT. 3 RW. 02 serta warga yang memposting informasi tersebut, diperkirakan Bekantan inj berasal dari arah Pulau Bungin dikarenakan pada saat ditemukan arus sungai sedang surut

Lanjutnya lagi, dari hasil koordinasi tersebut pihak polsek dan Figo anggota DPRD Kabupaten Sambas ini lantas menyarankan untuk dilepasliarkan di habitatnya di pulau bungin yang berada 15 menit dari Desa Sungai Baru.

“Dengan speed boat milik Figo, Bekantan tersebut di bawa ke hutan mangrove pulau bungin dan dilepasliarkan di lokasi tersebut,” terang dia.

Katanya lagi, dalam kesempatan tersebut, tim satgas TSL SKW III, juga menjelaskan tentang status satwa Bekantan yang merupakan satwa dilindungi dan menjelaskan beberapa satwa dilindungi sesuai PP. 7 tahun 1999 tentang pengawetan tumbuhan dan satwa liar. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here