Polda Amankan Ribuan Kayu Tanpa Dokumen

87

Sintang, BerkatTV. Tim Subdit 4 Tindak Pidana Tertentu Ditrekrimsus Polda Kalbar berhasil mengamankan ribuan batang kayu ilegal dengan jenis meranti dan belian dari sawmil milik Alip yang beralamat di jalan Sintang-Kapuas Hulu Kelurahan Akcaya, Kecamatan Sintang, pada Rabu (28/2) sore.

Di dalam sawmil tersebut ditemukan tumpukan kayu olahan belian dan meranti berbagai ukuran dengan jumlah ribuan batang. Sumber dilapangan menyatakan bahwa pemilik sawmil tidak dapat menunjukkan Surat Keterangan Syahnya Hasil Hutan Kayu (SKSHHK).

Sedangkan sawmil milik Alip hanya dilengkapi dengan surat ijin SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Tim Subdit 4 Ditreskrimsus saat ditemui dilapangan belum bisa memberi keterangan kepada awak media mengingat pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap keberadaan ribuan kayu tanpa dokumen tersebut.

“Kami masih melakukan penyelidikan,ini dan pemilik sudah diamankan di Mapolres Sintang,terkait jumlah,jenis dan kronologis keterangan dengan humas Polda ya,pokoknya yang sifatnya ilegal pasti akan kami amankan,” pungkasnya.

Alip pemilik sawmil diamankan diduga melanggar pasal 83 ayat 1 huruf b UU Nomor 18 Tahun 2014 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Sementara Lurah Akcaya Edi Artono mengaku kaget saat dirinya didatangi petugas kepolisian dikediamanya yang menanyakan prihal tersangka merupakan warganya.

Dirinya turut diminta mendampingi pihak Tim Subdit 4 Diskrimsus lakukan penyelidikan di dalam sawmil milik Alip.

“Saya kaget tadi saat petugas datang ke rumah menanyakan Alip,memang aktivitas sawmil ini sudah lama namun keberadaan kayu tanpa dokumen ini saya yang kurang tahu karena berdirinya sawmil ini sudah sejak lama sebelum saya jadi lurah disini,”Jelas Adi Artono yang baru menjabat setahun itu.

Hingga berita ini diturunkan media ini belum dapat konfirmasi lebih lanjut dari pihak Polda Kalbar.(sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here