Sinergiskan Pokir DPRD

87

Kubu Raya, BerkatTV. Ketua Komisi I DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah mengatakan pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD telah diatur dalam ketentuan peraturan pemerintah seperti Permendagri Nomor 86 tahun 2017, PP Nomor 18 dan PP Nomor 16.

“Karena salah satu fungsi dari DPRD adalah menyerap dan menampung aspirasi masyarakat. Aspirasi ini lah yang kemudian menjadi sebuah pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD,” jelasnya usai menghadiri Penyusunan RKPD, Kamis (1/2) pagi.

Selain itu pokok-pokok pikiran atau yang kerap disebut aspirasi DPRD ini sambung Agus juga ditampung melalui hasil reses anggota DPRD ke masyarakat maupun proposal-prosoposal yang disampaikan masyarakat ke setiap komisi yang ada di DPRD.

“Pokok-pokok pikiran itu lah kemudian disinergsikan dalam Forum RKPD ini. Kemudian dibawa dalam Musrenbang Kabupaten selanjutnya dibahas dalam agenda-agenda berikutnya seperti KUA PPAS untuk disahkan menjadi dalam sebuah APBD,” terangnya.

Ia mencontohkan ketika ada masyarakat yang menyampaikan aspirasi pembangunan jalan poros. Kemudian dari bupati ternyata juga ada program yang sama, maka ini menjadi sejalan dan sinergis.

“Artinya, pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh anggota DPRD juga mengacu kepada visi misi Bupati. Tentunya dengan melihat asas keterdesakan maupun manfaat,” tuturnya.

Sebab disebutkan politisi PDI Perjuangan ini, antara DPRD dan pemerintah daerah mesti selaras dan sinergis. Mengingat keduanya merupakan sama-sama penyelenggara pemerintahan daerah.

“Jadi, dipastikan tidak akan ada terjadi tumpang tindih program antara pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD dengan program SKPD,” pungkasnya.(rob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here